Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Jumat (7/10) yang mendapat banyak perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari puncak musim hujan diperkirakan jatuh pada Desember-Januari hingga laju capaian vaksinasi COVID-19.

Berikut sejumlah berita humaniora pada Jumat:

1. BMKG prakirakan puncak musim hujan Desember 2022-Januari 2023

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan puncak musim hujan di sebagian wilayah Indonesia terjadi di bulan Desember 2022 hingga Januari 2023.

"Sebagian besar wilayah Indonesia akan mengalami puncak musim hujan di bulan Desember-Januari," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

2. Kemensos alokasikan tambahan anggaran untuk korban tragedi Kanjuruhan

Kementerian Sosial (Kemensos) mengalokasikan tambahan anggaran santunan untuk ahli waris dan korban luka dari tragedi Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur karena jumlah korban tewas yang terkonfirmasi, bertambah dari 125 orang menjadi 131 orang.

"Ada tambahan lagi, kita akan tambah. Kita akan tambah lagi alokasi anggarannya," ujar Menteri Sosial Tri Rismaharini dalam keterangan tertulis di Jakarta.

3. KPPPA: Korban anak yang meninggal di tragedi Kanjuruhan jadi 35

Deputi Bidang Perlindungan Khusus Anak Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nahar mengatakan korban anak yang meninggal dalam tragedi di Stadion Kanjuruhan, Kabupaten Malang, Jawa Timur, bertambah dua menjadi 35 jiwa.

"Tiga puluh lima anak (meninggal) dari 131 korban meninggal," kata Nahar kepada ANTARA, di Jakarta, Jumat malam.

4. Jokowi: Saya senang, kerja diam-diam langsung jadi vaksin COVID-19

Presiden Joko Widodo mengaku ia merasa senang dengan kerja diam-diam yang dilakukan industri farmasi untuk memproduksi vaksin COVID-19 dengan "platform" mRNA (messenger RNA).

"Yang saya senang, kerjanya diam-diam. Saya sendiri tidak tahu, tahu-tahu jadi, ini yang saya seneng kayak gini. Bukan yang ngomong terus tapi saya tunggu-tunggu kok gak jadi-jadi. Ini diam-diam langsung jadi, itu yang saya senang," kata Presiden Joko Widodo di kawasan industri Pulogadung Jakarta, Jumat.

5. Satgas: Penerima vaksin COVID-19 dosis pertama capai 204,6 juta orang

Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 menyebutkan penerima vaksin COVID-19 dosis pertama mencapai 204.678.004 orang setelah mengalami penambahan sebanyak 10.782 orang sampai dengan Jumat pukul 12.00 WIB.

Dalam data Satgas yang diterima ANTARA di Jakarta, Jumat, penerima semua dosis vaksin COVID-19 terus mengalami peningkatan. Pada dosis kedua misalnya, penerimanya sudah ada sebanyak 171.297.896 orang atau naik 11.050 dari hari sebelumnya.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022