Banjarmasin (ANTARA) - Sebanyak 7.000 personel gabungan Polri dan TNI dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXIX Tahun 2022 di Kalimantan Selatan pada 10 hingga 19 Oktober mendatang.

"Personel dari 13 polres jajaran kami perbantukan juga untuk mempertebal pengamanan dan membantu tiga polres yang wilayahnya menggelar MTQ," kata Kepala Biro Operasional Kepolisian Daerah Kalimantan Selatan Komisaris Besar Polisi Nurhandono di Banjarmasin, Minggu.

Ia menjelaskan fokus pengamanan berlangsung pada 12 lokasi panggung MTQ yang berada di Kabupaten Banjar, Kota Banjarmasin dan Kota Banjarbaru.

Selain keamanan lokasi acara dan areal sekitarnya, polisi juga menyiapkan rekayasa lalu lintas guna menyikapi dinamika di lapangan, seperti terjadinya kemacetan dan sumbatan-sumbatan arus kendaraan.

Menurut Nurhandono, antusias masyarakat di Kalsel yang ingin menyaksikan secara langsung perlombaan MTQ dari lokasi panggung utama diperkirakan cukup tinggi. Bahkan, warga di luar provinsi terutama daerah tetangga seperti Kalimantan Tengah dan Kalimantan Timur diperkirakan juga ada yang datang.

Untuk itulah, ia menginstruksikan personel di masing-masing polres bersiaga melakukan pengaturan arus lalu lintas dan senantiasa mengingatkan pengendara tetap mematuhi imbauan petugas di lapangan.

Sedangkan untuk mendukung kelancaran mobilitas para kafilah (peserta MTQ) dan juga tamu undangan termasuk panitia, Ditlantas Polda Kalsel mengerahkan puluhan unit mobil patroli, termasuk perbantuan dari seluruh polres.

Berdasarkan laporan panitia MTQ XXIX Tahun 2022, ada sekitar 3.042 orang rombongan kafilah dari seluruh Nusantara, termasuk 200 orang tamu penting yang direncakan hadir ke Kalsel.

Mengenai rencana kedatangan Presiden Joko Widodo pada saat pembukaan MTQ di Kiram Park, Kabupaten Banjar, , Rabu (12/10), Nurhandono mengatakan pihaknya terus berkoordinasi dengan Korem 101/Antasari karena khusus untuk pengamanan presiden dikoordinasi TNI dengan penambahan personel dibandingkan hari lainnya selama kegiatan MTQ berlangsung.

Pewarta: Firman
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022