Jakarta (ANTARA) - Direktorat Polairud Polda Metro Jaya bersama Balai Pendidikan Dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (BP2IP) Tangerang menggelar pelatihan keselamatan kerja di kapal kepada nelayan di Pelabuhan Perikanan Nizam Zachman Muara Baru, Jakarta Utara, Senin

“Dengan kegiatan ini diharapkan rekan-rekan nelayan dapat meningkatkan pengetahuan, wawasan dan ketangkasan saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” kata Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran di Jakarta, Senin.

Fadil mengatakan, faktor geografis Indonesia yang sebagian besar terdiri dari lautan telah memberikan pengaruh kepada masyarakat Indonesia untuk memanfaatkan ekosistem laut sebagai sumber pencaharian.

Tradisi maritim Indonesia telah terbentuk sejak dari zaman kerajaan, kolonialisme, hingga setelah Indonesia merdeka.

Namun pada kenyataannya, tak jarang kelompok nelayan sering kali kurang mendapatkan edukasi yang mumpuni.

Baca juga: Seniman DKJ gemakan kolaborasi atasi masalah pesisir Jakarta Utara
Baca juga: Seniman DKJ harapkan ada gerakan ritus budaya di pesisir Jakarta Utara

Sering kali mereka bekerja tanpa adanya standar keamanan serta peralatan keamanan seperti helm, sepatu boots dan jaket yang memadai.

Dia mengatakan, dalam konsep pemolisian modern fokus utamanya adalah kepada pencegahan/preventif. Karena itu keselamatan kerja masyarakat pesisir menjadi perhatian bagi Polda Metro Jaya.

“Kami tidak ingin kecelakaan terjadi, yang kami inginkan adalah sebuah keselamatan untuk semua. Lebih baik mencegah daripada mengobati,” ungkap Kapolda.

Fadil juga berharap kepada seluruh pihak yang tergabung dalam kegiatan ini menjadikan kegiatan ini bisa terasa dampaknya untuk para nelayan.

Dia berharap dapat memberikan wawasan dan menambah kompetensi kepada seluruh nelayan di Jakarta. "Saya berharap, nantinya rekan-rekan nelayan mampu untuk mengatasi segala hambatan saat bekerja dengan solusi yang tepat dan tindakan yang cekatan,” tuturnya.
 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022