Capaian vaksinasi COVID-19, khususnya dosis ketiga kepada lansia di Kabupaten Simeulue terus meningkat
Banda Aceh (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue menyatakan sebanyak 2.182 warga lanjut usia (lansia) atau 41 persen dari 5.385 lansia yang menjadi sasaran vaksinasi COVID-19 di kabupaten kepulauan tersebut sudah divaksin dosis ketiga atau penguat.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Simeulue Hanafi Lubis di Simeulue, Aceh, Senin, mengatakan capaian vaksinasi dosis ketiga pada lansia ini terus mengalami peningkatan.

"Capaian vaksinasi COVID-19, khususnya dosis ketiga kepada lansia di Kabupaten Simeulue terus meningkat. Peningkatan tersebut sejalan dengan gencarnya vaksinasi COVID-19 di Pulau Simeulue," kata Hanafi Lubis.

Sedangkan vaksinasi dosis kedua untuk lansia, kata Hanafi Lubis, capaiannya berapa di angka 82,3 persen atau sebanyak 4.432 orang. Sedangkan dosis pertama lebih dari 90 persen.

Menyangkut capaian vaksinasi vaksin COVID-19 secara keseluruhan di Kabupaten Simeulue, Hanafi Lubis mengatakan untuk dosis pertama sudah mencapai 101,8 persen dari sasaran 71.537 orang.

Baca juga: Pemkab Simeulue intensifkan vaksinasi COVID-19 dosis ketiga

Baca juga: 100 persen tenaga pendidik tingkat dasar Banda Aceh sudah divaksinasi


"Sedangkan dosis kedua sudah mencapai 86,9 persen. Sementara, dosis ketiga sebanyak 43,6 persen atau 19.660 orang. Kami terus berupaya meningkatkan capaian vaksinasi dosis kedua dan ketiga tersebut," kata Hanafi Lubis.

Kendati sudah menerima vaksin COVID-19, baik dosis pertama, kedua, maupun ketiga, Hanafi Lubis mengingatkan masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Terapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker saat beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, dan tidak berkerumun. Protokol kesehatan merupakan cara efektif mencegah penularan dan penyebaran COVID-19. Apalagi pandemi COVID-19 belum berakhir," kata Hanafi Lubis.

Kabupaten Simeulue merupakan wilayah kepulauan terluar di Provinsi Aceh. Pulau Simeulue berada di Samudra Hindia yang jaraknya sekitar 180 mil laut dari pesisir barat Pulau Sumatra.

Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999. Kabupaten Simeulue memiliki 10 kecamatan dengan 138 gampong atau desa yang dihuni sekitar 94 ribuan jiwa.

Baca juga: Satgas Pusat Monev capaian vaksinasi PMK di Aceh Jaya

Baca juga: Dinkes Aceh: 12.622 tenaga kesehatan sudah terima vaksin booster kedua

Pewarta: M.Haris Setiady Agus
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022