Insya Allah juga akan diikuti oleh peserta dari luar negeri, kemungkinan ada satu peserta dari Spanyol
Banda Aceh (ANTARA) - Balap sepeda International Tour de Luttawar (ITDL) di Takengon Kabupaten Aceh Tengah dipastikan akan ikut diramaikan sejumlah pebalap Tanah Air.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kabupaten Aceh Tengah Zulpan Diara Gayo di Tekengon, Senin mengatakan ada tiga pebalap sepeda nasional yang telah mengukir prestasi di berbagai ajang dipastikan ikut berlaga pada acara tersebut.

Mereka adalah Ada Edgar Nohales Nieto, M Abdurrohman, dan Selamat Juangga.

Baca juga: Aiman Cahyadi turunkan berat badan demi Tour de Langkawi 2022

Ketiga pebalap tersebut kata dia masing-masing pernah menjuarai balap sepeda tingkat nasional. Edgar Nohales Nieto adalah juara Tour de Flores 2017, M Abdurrohman adalah juara ITT Indonesian Champion 2022 dan Selamat Juangga adalah runner up Kejurnas 2021.

"Selamat Juangga juga merupakan atlet SEA Games 2022," kata dia menambahkan.

Zulpan menyampaikan ITDL dijadwalkan akan berlangsung pada 28-30 Oktober 2022.

Acara tersebut merupakan ajang balap sepeda profesional pertama yang digelar di Aceh dengan peserta para atlet profesional.

Baca juga: Kapolda Kepri tinjau kesiapan pengaman jelang Tour de Bintan

"Insya Allah juga akan diikuti oleh peserta dari luar negeri, kemungkinan ada satu peserta dari Spanyol," kata Zulpan.

Dia menjelaskan peserta ITDL nantinya akan menempuh tiga etape yaitu Etape I (Rute Danau Lut Tawar), Etape Il (Rute perkebunan kopi), dan Etape IlI (Rute pegunungan/Lauser).

"Untuk etape kopi, ini merupakan rute unik dan mungkin satu-satunya di dunia. Pada rute ini para peserta dan penonton ITDL akan disuguhi hamparan kebun kopi arabika Gayo, mulai dari Pantan Terong, Ratawali, Belang Gele, Jaluk, hingga Bies, dengan total jarak tempuh sekitar 78km," katanya.

Baca juga: Tim balap sepeda Mula Cycling bidik 10 besar di Tour de Langkawi 2022

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2022