Jakarta (ANTARA) - Berita luapan Kali Ciliwung di DKI Jakarta pada Senin (10/10) disajikan kembali pada Selasa pagi hingga tanggal pelantikan Heru Budi Hartono sebagai penjabat gubernur pengganti Anies Baswedan, berikut rangkumannya:

Tim gabungan evakuasi 116 pengungsi banjir di Jakarta

Personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta bersama petugas gabungan mengevakuasi sebanyak 116 pengungsi banjir ke tempat aman di tiga kelurahan di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur.

"Kami berkoordinasi dengan Dinas Sosial, AGD Dinkes, PMI untuk penanganan pengungsi," kata Kepala Badan Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya

Personel BPBD DKI sedot genangan di 53 RT di Jakarta

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mengerahkan ratusan personel gabungan untuk menyedot genangan dengan ketinggian 40 sentimeter hingga tiga meter di 53 Rukun Tetangga (RT) di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur karena luapan Kali Ciliwung.

"Kami mengkoordinasikan unsur Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat untuk melakukan penyedotan," kata Kepala Pelaksana BPBD DKI Isnawa Adji di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya

Luapan Kali Ciliwung robohkan tembok pemancingan di Kramat Jati

Tembok pemancingan yang berada di RT 04/RW 05, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur, roboh akibat diterjang banjir luapan Kali Ciliwung, pada Senin dini hari sekitar pukul 01.30 WIB.

Pemilik pemancingan, Udin mengatakan tembok tempat usahanya itu roboh akibat debit air Kali Ciliwung yang meluap hingga merendam permukiman.

"Kena erosi, akhirnya semua ikan lele terbawa kena arus. Jumlah ikan yang terbawa 1 ton. Memang tanah di sini labil karena belum diturap," kata Udin di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya

​​​​​​​PKK kembangkan sayur bebas kimia dengan hidroponik cegah tengkes

Kader Tim Penggerak (TP) Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) mengembangkan budidaya sayur bebas bahan kimia di Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) Nyiur Melambai Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu Utara dengan hidroponik guna mencegah tengkes (stunting).

"Sebagai upaya penanggulangan 'stunting' pada anak-anak. Karena pada dasarnya tanaman hidroponik ini sehat tanpa bahan kimia," ujar Ketua TP PKK Kelurahan Pulau Kelapa Ana Mariyah dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya

Wagub DKI sebut Heru Budi dilantik jadi penjabat gubernur 17 Oktober

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyebutkan Heru Budi Hartono dijadwalkan dilantik menjadi Penjabat Gubernur DKI pada Senin, 17 Oktober 2022.

"Nanti, Pak Heru Insya Allah pada 17 (Oktober) akan dilantik. Kami semua senang, bersyukur Pak Heru ditunjuk," kata Riza di Pasar Baru, Jakarta, Senin.

Baca selengkapnya

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2022