Terdapat belasan motor dan mobil tertimpa rumpun bambu di area GOR Pajajaran
Kota Bogor (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Jawa Barat mendata terdapat sekurangnya enam titik bencana pohon tumbang dan longsor terjadi saat hujan deras disertai angin kencang di kota itu pada Selasa (11/11) sore.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Bogor Theofilo Patrocinio Freitas saat dikonfirmasi ANTARA di Kota Bogor, Selasa mengatakan pendataan terus berlanjut hingga hujan benar-benar reda.

"Data sementara ada enam titik, tim di lapangan masih mendata. Kami akan sampaikan perkembangan terbarunya. Warga diharapkan tetap waspada," katanya.

Ia menjelaskan keenam titik bencana itu terbagi atas tiga titik pohon tumbang di area Gelanggang Olahraga (GOR) Pajajaran, wilayah Kelurahan Cilendek Barat, dan sekitar Universitas Pakuan, di wilayah Kelurahan Ciheulet.

Tiga lainnya ialah kejadian longsor di RW02 Kelurahan Gunungbatu dan di RW07 serta RW11 Kelurahan Ciwaringin.

"Sekali lagi, warga diimbau waspada. Bagi yang berkendara agar mencari tempat aman jauh dari pohon besar untuk berhenti sementara. Warga yang berada di rumah harap cek kanan kiri bangunan," katanya.

Sementara itu berdasarkan pantauan di lapangan dilaporkan, hujan deras disertai angin kencang mulai terjadi pada pukul 15.30 WIB. Derasnya hujan membuat masyarakat tidak berani keluar dari gedung ataupun rumah sekitar 1 jam hingga pukul 16.30 WIB.

Informasi yang dihimpun, terdapat belasan motor dan mobil tertimpa rumpun bambu di area GOR Pajajaran.

Sementara, menurut prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Kota Bogor terjadi hujan petir terjadi pada pukul 16.00 WIB dan akan berlanjut hujan dengan intensitas ringan hingga pukul 19.00 WIB.

Bukan hanya di wilayah Kota Bogor, di kawasan Puncak, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor sebagai wilayah hulu Sungai Ciliwung juga mengalami cuaca yang sama. Kondisi ini juga hampir merata di wilayah Kabupaten Bogor.

Akibatnya, pada pukul 16.30 WIB laporan petugas jaga Bendung Katulampa Kota Bogor, tinggi muka air (TMA) yang mengukur debit air Sungai Ciliwung mulai ke posisi Siaga 3 banjir Jakarta dengan ketinggian TMA 100 cm dan pada pukul 16.50 WIB naik menjadi 140 cm.

Baca juga: BPBD Kota Bogor siagakan tiga tim bencana saat musim hujan

Baca juga: BPBD Kota Bogor siagakan tiga tim bencana saat musim hujan

Baca juga: BPBD Kota Bogor tangani 9 bencana dalam 2 hari

Baca juga: Hujan deras di Kota Bogor picu 12 bencana dalam sehari

Pewarta: Linna Susanti
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2022