Belitung (ANTARA) - Fraksi Partai NasDem Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, mendorong pemerintah setempat menaikkan honor ketua RW dan RT di tingkat kelurahan daerah itu.

"Kami dari Fraksi Nasdem DPRD Belitung meminta kepada pemerintah daerah agar menaikkan honor atau gaji ketua RW dan RT di tingkat kelurahan," kata Sekretaris Fraksi Nasdem DPRD Belitung Fendi Haryono di Tanjung Pandan, Selasa.

Menurut dia, berdasarkan laporan hasil reses anggota DPRD Belitung banyak Ketua RT dan RW di daerah itu yang mengharapkan adanya kenaikan honorarium mereka.

"Mayoritas menyampaikan agar honor Ketua RT dan RW bisa dinaikkan menjadi lebih wajar," ujarnya.

Fendi menilai, pemerintah daerah sudah seharusnya menaikkan honor ketua RT dan RW di daerah itu, karena sudah cukup lama honor
mereka tidak pernah mengalami kenaikan.

Kemudian tugas perangkat RT dan RW sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat.

"Misalnya kalau ada tamu atau apapun pasti ketua RT dan RW dulu yang paling pertama dihubungi, makanya kami menyampaikan perlu adanya kenaikan honorarium mereka," ujarnya.

Fendi menyebutkan, saat ini honor ketua RT dan RW di daerah itu diketahui berkisar sekitar Rp250 ribu sampai Rp300 ribu.

Jumlah ini, lanjut Fendi, tidak sebanding dengan biaya kebutuhan hidup yang sekarang ini terus mengalami kenaikan.

"Kalau sekarang harga BBM naik kemudian harga kebutuhan pokok naik, bagaimana cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup karena perangkat RT bisa bekerja selama 24 jam, masa hanya dibayar dengan Rp200 ribu," katanya.

Fraksi Nasdem DPRD Belitung meminta dengan tegas agar pemerintah daerah dapat menaikkan honor ketua RT dan RW di tingkat kelurahan.

"Tanggung jawab kenaikan honor RT dan RW ada di pihak eksekutif berbeda perangkat RT dan RW di tingkat desa yang memiliki anggaran tersendiri dari dana desa," ujarnya.

Ia berharap, dengan kenaikan honor ketua RT dan RW di daerah itu dapat meningkatkan kinerja mereka dalam melayani masyarakat.

"Kamis Fraksi Nasdem siap memperjuangkan kenaikan honorarium ketua RT dan RW ini," katanya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022