Garut (ANTARA) - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi meminta aparat sipil negara di lingkup Pemerintah Kabupaten Garut, Jawa Barat, mengimplementasikan nilai-nilai Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif atau AKHLAK saat bekerja.

"Semua ASN di Garut ini kita harapkan pertama, pahami dulu ber-AKHLAK. Itu akronim dari berorientasi pada pelayanan, akuntabel, loyal, dan nilai-nilai panduan perilaku yang di dalamnya. Setelah paham, dijiwai, kemudian dilaksanakan dalam melaksanakan pekerjaannya," kata Analis Kebijakan Madya Kementerian PAN-RB Supardiyana di Garut, Selasa.

Supardiyana menyampaikan hal itu saat menjadi narasumber pada kegiatan Sosialisasi Penerapan Core Value Ber-AKHLAK dan Survei Keterikatan Pegawai ASN Employee Engagement di Ruang Rapat Sekretariat Daerah Kabupaten Garut.

Ia menuturkan nilai inti ber-AKHLAK tersebut merupakan kebijakan yang baru sehingga ASN Pemkab Garut diharapkan dapat mengimplementasikan seluruh nilai tersebut dalam melaksanakan setiap pekerjaannya.

Menurut ia, ASN yang mengimplementasikan nilai-nilai AKHLAK itu akan lebih maju, berkembang, dan profesional, yang akhirnya dapat memberikan pelayanan publik secara maksimal.

"Kita harapkan terjadi budaya yang betul-betul mencerminkan kemajuan, ini dampaknya nanti ASN di Garut menjadi ASN yang profesional, kalau mengimplementasikan nilai-nilai yang ada di sana," katanya.

Selain itu, lanjut Supardiyana, ASN Pemkab Garut juga bisa mengimplementasikan teknologi yang pada era digitalisasi saat ini mau tidak mau harus diikuti oleh ASN untuk memberikan pelayanan yang cepat.

"Kualitas SDM di Garut itu akan meningkat pesat sehingga dampaknya ya nanti Garut akan menjadi daerah yang maju. Kalau Garut maju, daerah-daerah lain maju, Indonesia juga akan maju," tambahnya.

Asisten Daerah III Bidang Administrasi Umum Pemkab Garut Budi Gan Gan Gumilar mengatakan kegiatan sosialisasi ini merupakan salah satu upaya mengimplementasikan tujuh nilai inti ber-AKHLAK agar dapat membudaya di lingkungan ASN.

Budi berharap kegiatan ini memunculkan ekspektasi dari ASN dan organisasi perangkat daerah yang berkesinambungan untuk menjadi lebih baik.

"Apabila itu sudah terjadinya kesinambungan atau balance maka akan tumbuhlah ASN rasa bangga dengan branding-nya itu bangga melayani bangsa. Itu yang kita harapkan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2022