Cirebon (ANTARA) - Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat (Hubdar) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Hendro Sugiatno mengecek kesiapan Terminal Harjamukti Kota Cirebon, Jawa Barat, untuk memastikan fasilitas yang ada memberikan rasa nyaman bagi masyarakat.

"Kami melakukan pengecekan Terminal Harjamukti Kota Cirebon, terutama fasilitas dan cara kerja petugas," kata Hendro di Cirebon, Kamis.

Hendro mengatakan Terminal Harjamukti Kota Cirebon, merupakan terminal yang baru selesai di bangun oleh pemerintah, dan diharapkan bangunan yang bagus itu diimbangi dengan pelayanan prima.

Menurutnya, Terminal Harjamukti merupakan salah satu konektivitas antar daerah, terutama di Jawa Barat bagian timur, sehingga fasilitas yang ada harus memadai dan juga berguna dengan baik.

"Terminal Cirebon ini termasuk terminal yang sibuk, dan menjadi tempat konektivitas dengan kota-kota lain. Sehingga kami cek secara langsung fasilitasnya apa ada yang harus benahi, sehingga masyarakat yang menggunakan terminal ini nyaman," tuturnya.

Hendro menambahkan semua fasilitas di Terminal Harjamukti Kota Cirebon, sudah lebih baik sehingga perlu perawatan, agar tidak mudah rusak.

"Secara umum semua sudah berjalan dengan baik, tinggal bagaimana bisa merawat terminal yang bagus ini dengan baik," ujarnya.

Hendro juga menyempatkan untuk mengecek kendaraan bus antar kota antar provinsi yang sedang menunggu penumpang di Terminal Harjamukti, dan semua kendaraan masih sangat layak.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada para pengemudi agar selalu menjaga kesehatan, dan ketika berkendara supaya mematuhi rambu lalu lintas yang ada, mengingat mereka membawa nyawa orang banyak.

"Pengemudi fisiknya harus bagus dan sehat, setiap 4 jam sekali berhenti istirahat sebentar atau ganti, agar selamat sampai tujuan," katanya.

Baca juga: Kemenhub RI - Korsel kerja sama sistem transportasi cerdas

Baca juga: Kemenhub siapkan formula perhitungan tarif kendaraan angkutan barang

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2022