Kiranya Indonesia dan Kenya perlu meningkatkan kerja sama ekonomi bilateral
Jakarta (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani mendorong peningkatan kerja sama ekonomi bilateral dengan Republik Kenya.

"Kiranya Indonesia dan Kenya perlu meningkatkan kerja sama ekonomi bilateral, khususnya di bidang infrastruktur, kesehatan/farmasi, transportasi, industri strategis, manufaktur, dan pengadaan rumah terjangkau,” kata Puan saat berkunjung ke Nairobi, Kenya, pada Rabu, berdasarkan rilis pers Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Nairobi, yang diterima di Jakarta, Kamis.

Pertemuan Ketua DPR RI dengan Presiden Kenya William Ruto diadakan di State House, Istana Kepresiden Kenya. Pada pertemuan yang juga dihadiri Dubes RI untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin serta dua anggota parlemen dari PDIP, Puan menyampaikan salam dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) kepada Presiden Ruto yang baru saja dilantik pada pertengahan September.

Dalam kesempatan itu, Puan menyatakan keinginannya untuk mendorong kerja sama kedua negara, termasuk di bidang ekonomi, serta kerja sama parlemen yang lebih kuat antara kedua negara.

Baca juga: KBRI Nairobi promosikan Indonesia secara masif di Kenya melalui TV

Keinginan tersebut disambut baik oleh Presiden Ruto, yang menyampaikan kesiapan untuk mendorong kerja sama lebih erat antara Indonesia dengan Kenya, terutama di bidang ekonomi.

Presiden Ruto juga menyampaikan salam hormat kepada Presiden Jokowi dan berjanji akan mengundang Presiden Jokowi secara resmi untuk berkunjung ke Kenya.

Presiden Ruto juga menyampaikan keinginan untuk melakukan kunjungan resmi ke Indonesia bersama Ketua National Assembly Kenya Moses Wetangula.

Sementara itu, pertemuan Ketua DPR RI dengan Ketua National Assembly Kenya berlangsung di gedung Parlemen. Pada kesempatan tersebut, Ketua Parlemen Kenya Moses Wetangula menyambut baik kunjungan Ketua DPR RI dan berharap kunjungan tersebut akan membantu mempererat hubungan Indonesia dengan Kenya, termasuk kerja sama antar kedua parlemen.

Dalam konteks itu, Wetangula berjanji akan segera membentuk Kelompok Persahabatan Parlemen RI-Kenya, segera setelah terbentuknya Komisi-Komisi di parlemen.

Ketua Parlemen Kenya Moses Wetangula menyampaikan bahwa Indonesia merupakan mitra yang penting bagi Kenya, baik dalam hubungan bilateral maupun multilateral.

Indonesia dan Kenya juga, kata dia, memiliki berbagai kesamaan pandangan dalam berbagai isu internasional dan bekerja sama dalam konteks G77, Gerakan Non-Blok serta UNEP. Kenya juga memberikan dukungan dalam proses penyelesaian isu Timor Timur.

Baca juga: Ketua DPR harap kerja sama Indonesia-Kenya terus ditingkatkan
Baca juga: KBRI Nairobi promosikan Trade Expo Indonesia 2022 di Kenya

Pewarta: Katriana
Editor: Mulyo Sunyoto
Copyright © ANTARA 2022