Jakarta (ANTARA) - Aktor Jourdy Pranata ditunjuk menjadi festival ambassador Jakarta Film Week 2022 yang diselenggarakan pada 13 hingga 16 Oktober 2022 yang dibuka dengan penayangan perdana film "Balada si Roy".

"Senang banget (dipilih menjadi festival ambassador). Apalagi openingnya itu film sendiri, dan itu ketidak sengajaan ya. Jadi aku sudah dipilih jadi festival ambassador tiba-tiba filmnya "Balada Si Roy". Jadi senangnya double sih," kata Jourdy saat dijumpai di Opening Jakarta Film Week di Jakarta Pusat, Kamis (13/10).

Lebih lanjut, Jourdy pun menjelaskan bahwa perannya sebagai seorang duta festival Jakarta Film Week adalah untuk mengajak para anak muda untuk menyaksikan dan menikmati film-film di festival tersebut.

Dengan demikian, generasi muda pun diharapkan dapat terinsipirasi untuk semakin membangun dan meningkatkan kualitas film-film Indonesia.

"Aku biasanya berkoar-koar di sosial media. Terus dari hari ini pas opening aku sudah stand by dari jam 1 siang untuk ngelihat-ngelihat, posting keadaan di sini. Terus aku ngajak teman-teman komunitas yang aku kenal, teman-teman director, dan lain-lain," ungkap Jourdy.

Sebagai seorang duta festival, Jourdy berharap Jakarta Film Week bisa dinikmati oleh para pengunjung. Selain itu, dia pun berharap industri perfilman Indonesia dapat semakin maju, semakin bangkit, dan semakin dikenal di mata dunia.

"Semoga Jakarta Film Week ini empat hari ke depan bisa menjadi tempat kita untuk seru-seruan, untuk bersenang-senang kita menyaksikan karya-karya yang sudah dikemas oleh film makernya. Pastinya mengandung isu-isu yang ingin mereka sampaikan, kebudayaan," ujar Jourdy.

 "Balada Si Roy"

Sebelum resmi ditayangkan di bioskop, film "Balada Si Roy" diputar dan menjadi film pembuka di festival Jakarta Film Week 2022.

"Kami dari IDN Pictures sangat bangga dan senang bisa membawa film ini. Pemutaran ini jadi spesial karena ini world premier," kata Susanti Dewi selaku produser saat dijumpai di CGV Grand Indonesia Mall, Jakarta Pusat, Kamis.

Di sisi lain, sutradara Fajar Nugros juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Jakarta Film Week yang sudah menerima karyanya dan menjadikan film "Balada Si Roy" sebagai film pembuka dari festival tersebut.

"Saya berterima kasih kepada Jakarta Film Week yang sudah menerima karya kami ini. Semoga film ini juga bisa diterima penontonnya kelak," ungkap Fajar.

Lebih lanjut, Susanti juga berharap agar film "Balada Si Roy" dapat menjadi tontonan yang menghibur bagi penonton di Jakarta Film Week 2022.

"Semoga dapat menjadi tontonan yang menghibur bagi penonton di Jakarta Film Week," pungkas Dewi.

Film "Balada Si Roy" merupakan hasil adaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Gol A Gong. Film ini menceritakan tentang perjuangan hidup seorang pemuda bernama Roy untuk beradaptasi di lingkungan baru yang tidak terlalu ramah.

Berbagai konflik pun dialami oleh Roy sejak pertama kali kedatangannya di Serang. Mulai dari tidak diterima lingkungan sekitar rumah barunya, hingga perseteruan dengan geng penguasa sekolah barunya.

"Balada Si Roy" dibintangi oleh Abidzar Al-Ghifari, Febby Rastanty, Bio One, Omara Esteghlal, Jourdy Pranata dan lain sebagainya.

Gelaran Jakarta Film Week tahun ini merupakan tahun kedua Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta mengadakan festival ini. Dengan mengusung tema "Emerge", Jakarta Film Week ingin menjadikan acara tahun ini sebagai penanda kebangkitan industri perfilman setelah terpuruk karena pandemi COVID-19.
 

Pewarta: Lifia Mawaddah Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2022