Sejauh ini untuk ketersediaan vaksin meningitis bagi Sulawesi Tengah aman hingga Desember 2022
Palu (ANTARA) - Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Kelas III Palu memastikan ketersediaan vaksin meningitis cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga Desember 2022.

"Sejauh ini untuk ketersediaan vaksin meningitis bagi Sulawesi Tengah aman hingga Desember 2022," kata Kepala KKP Kelas III Palu, dr. Gotra Saputra di Palu, Sulawesi Tengah, Jumat.

Dia menjelaskan kepastian ketersediaan vaksin hingga Desember 2022 itu setelah Kementerian Kesehatan Republik Indonesia mengirimkan sebanyak 1.500 dosis.

Jumlah itu, sambung dr.Gotra, telah sesuai dengan perhitungan jumlah masyarakat yang akan melakukan perjalanan ibadah Umrah ke Arab Saudi dalam dua bulan ke depan.

"Sudah dikirimkan sebanyak 1.500 dosis dan vaksin tersebut kami optimalkan hingga Desember 2022, setelah itu baru dilakukan lagi permintaan penambahan," jelasnya.

Baca juga: KKP Panjang sebut 3.500 vial vaksin meningitis akan diterima bertahap

Baca juga: Dokter: Ketahui gejala sisa setelah anak sembuh dari meningitis


Gotra mengakui sebelumnya vaksin meningitis sempat menipis setelah dibuka kembali pintu keberangkatan ibadah umrah ke Arab Saudi. Penyebabnya adalah KKP kelas III Palu ikut membuka pelayanan kepada masyarakat dari luar daerah Sulteng.

"Akan tetapi semua sudah aman karena saat ini KKP Makassar langsung mengambil kuota 80 ribu dosis yang sekaligus dapat mengakomodir provinsi tetangga yang apabila tiba-tiba mengalami kekosongan vaksin," terang Gotra.

Adapun KKP Kelas III Palu dalam sehari melakukan pelayanan suntik vaksin meningitis kepada 30 jiwa bagi para calon jamaah umrah dari berbagai kabupaten/kota.

Sementara jumlah total masyarakat yang sudah melakukan vaksin meningitis sepanjang Januari hingga pekan pertama bulan Oktober 2022 mencapai 4.000 jiwa.

"Kami memprediksi jumlah tersebut masih bertambah lagi hingga 6.000 jiwa pada Desember 2022," demikian dr. Gotra.

Baca juga: Dinkes Jabar gandeng Bio Farma terkait vaksin meningitis jamaah umrah

Baca juga: Pemprov Bengkulu ajukan penambahan vaksin Meningitis

Pewarta: Muhammad Izfaldi
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2022