Pengecekan patok batas itu identifikasi untuk mengetahui kondisi patok batas negara serta sarana prasarana pendukung.
Kapuas Hulu (ANTARA) - Tentara Nasional Indonesia (TNI) bersama Badan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP) melaksanakan pengecekan atau patroli patok batas negara Indonesia-Malaysia di wilayah Kecamatan Badau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

"Pengecekan patok batas itu identifikasi untuk mengetahui kondisi patok batas negara serta sarana prasarana pendukung untuk pertahanan dan keamanan di perbatasan," kata Komandan Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Tdk Bogani Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, di Badau, Sabtu.

Edi menyatakan, survei tersebut dilaksanakan dalam waktu dua hari di pos-pos dan patok perbatasan antara Indonesia dan Malaysia, di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, sejak Jumat (14/10) kemarin.

Dia menjelaskan, selain melihat kondisi patok batas secara nyata, tim gabungan Mabes TNI dan BNPP itu juga melakukan identifikasi sarana dan prasarana pendukung lainnya, seperti pos pamtas, kendaraan roda dua dan roda empat, alat komunikasi, jalur inspeksi patroli perbatasan (JIPP), jalur administrasi (JA), helipad, air strip, dan menara BTS.

Menurutnya, hasil survei atau identifikasi tersebut nantinya akan dijadikan bahan perumusan rekomendasi kebijakan dan program oleh BNPP kepada Menteri Pertahanan dan Panglima TNI, sekaligus sebagai bahan koordinasi program dan kegiatan dengan kementerian lembaga terkait lain, seperti Kemen PPN/Bappenas, Kemen PUPR, Kemenhub, Kemen Kominfo, pemprov, dan pemkab.

Kegiatan yang sama juga telah dilaksanakan sebelumnya pada tahun 2020 dan 2021 yang lalu, yang dilaksanakan oleh BNPP bersama Mabes TNI diwakilkan oleh Sops Panglima TNI dan Kodam XII/TPR.

"Kami memberikan dukungan kegiatan tersebut, kami juga mengantarkan rombongan ke pos-pos serta menuju ke patok perbatasan yang akan disurvei," ujarnya lagi.

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Asisten Deputi Pengelolaan Batas Negara Wilayah Darat Andi Nurdiansyah beserta tiga orang staf dari BNPP, Pabandya Ops Mabes TNI Letkol Inf Riandi, Pabanda Siapsat Sopsdam XII/Tpr Mayor Inf Reymond, Kasilahdatatop Topdam XII/Tpr Mayor Ctp Yudi Prayitno, Dansatgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Perwira Staf Kotis serta Komandan SSK II Lettu Arm Yudhanto beserta jajaran personel Pos SSK II.
Baca juga: Satgas TNI pastikan patok batas negara perbatasan RI-PNG aman terjaga
Baca juga: Satgas TNI patroli cek patok batas negara RI-Papua Nugini MM 2.2

 
Personel TNI bersama Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melakukan patroli dan pengecekan patok batas di perbatasan Indonesia-Malaysia, di wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Jumat (14/10/2022). ANTARA/HO-Penerangan Yonarmed 19/105 Trk Bogani

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2022