Pattaya, Thailand (ANTARA) - Bagi pencinta serial drama aksi thriller "Money Heist" atau "La casa de papel", tentu pernah menyaksikan sebuah adegan saat aktris Ursula Corbero yang memerankan Tokyo beraksi di sebuah bangunan megah penuh ukiran.

Dan, bangunan megah itu sebenarnya adalah sebuah museum di Pattaya, Thailand bernama Sanctuary of Truth yang memiliki luas 2000 meter persegi dengan tinggi mencapai 100 meter, di mana seluruh bangunannya terbuat dari kayu yang dipahat secara manual menggunakan tangan.

Sungguh, Thailand seolah-olah tak pernah kehabisan daya tarik wisatanya.

Baca juga: Mengunjungi taman manis "Great & Grand Sweet Destination"
Interior dalam obyek wisata Sanctuary of Truth di Pattaya, Thailand. (ANTARA/Ida Nurcahyani)

Tak hanya menawarkan wisata alam dan belanja, Thailand juga kaya dengan daya tarik kebudayaannya yang syarat dengan nilai-nilai kearifan.

Bersama tiket.com, ANTARA menyusuri magisnya Sanctuary of Truth.

Konon, bangunan yang berlokasi di bagian utara Pattaya, Thailand, ini tak kunjung rampung juga meski sudah mulai dibangun dari tahun 1981. Bahkan 20 tahun setelah pendirinya meninggal, bangunan ini masih terus dalam proses pengerjaan.
Salah satu sudut atap obyek wisata Sanctuary of Truth di Pattaya, Thailand. (ANTARA/Ida Nurcahyani)

Terkesan magis memang karena bangunan ini berdiri nyaris tidak menggunakan paku baja sebagai penyambung antarkayu, tetapi memanfaatkan kearifan teknologi masa lampau yang menggunakan presisi engsel atau pasak kayu sebagai pengunci.

Butuh waktu nyaris tiga minggu untuk merampungkan satu pahatan patung kayu. Butuh dua minggu untuk memasangnya ke dalam bangunan Sanctuary.

Baca juga: Mencicipi sate buaya hingga "fish therapy" di Pattaya Floating Market

Baca juga: Kereta monorel otonom China melaju di Thailand

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2022