Siak, (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Siak, Provinsi Riau, melalui Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) setempat memberikan makanan tambahan dan vitamin kepada balita penderita stunting di Kecamatan Siak.

Ketua TP PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri mendatangi langsung rumah balita penderita stunting di Kampung Langkai, Minggu. Dia memberikan susu formula, vitamin, dan makanan tambahan didampingi pengurus PKK serta bidan kampung.

Baca juga: Siak terbaik pertama penurunan stunting di Riau

“Kami memberikan makanan tambahan dan vitamin kepada balita stunting yang anggarannya dari tabungan sedekah subuh pengurus PKK Kabupaten Siak,” katanya.

Menurut dia, kegiatan pemberian makanan tambahan ini bertujuan juga untuk membiasakan anak-anak mengonsumsi makanan bergizi, agar pertumbuhan mereka di masa depan dapat menjadi anak-anak yang sehat dan cerdas.

“Kegiatan ini kami beri nama Gerakan Insting PKK singkatan dari Ibu Asuh Anak Stunting, dan tahun ini empat balita yang kami bantu,” katanya.

Baca juga: Pusat Kajian Gizi Riau terjunkan 216 mahasiswa tekan stunting

Bantuan yang diberikan itu terdiri atas susu formula berprotein tinggi, biskuit coklat dari ikan gabus, telur ayam, dan vitamin. Bantuan ini diberikan setiap 10 hari sekali selama tiga bulan, dan selanjutnya dilihat pertumbuhan dan gizi dari balita tersebut.

Sementara itu, orang tua dari balita stunting, Fitri mengaku bersyukur karena dapat bantuan makanan bergizi untuk anaknya. “Terima kasih atas bantuan dari PKK Siak, mudah-mudahan dengan makanan tambahan dan vitamin ini, anak saya bisa lepas dari stunting,” katanya.

Baca juga: Pemprov Riau alokasikan dana Rp20 juta per desa atasi stunting

Sebelumnya pada Jumat (14/10) sore Rasidah bersama Ketua Pokja I PKK Ananda Laila Putri juga memberikan bantuan di Lanjung, Kecamatan Siak. Meski sore itu hujan deras, ibu-ibu PKK Kabupaten Siak tetap semangat mendatangi rumah balita stunting.

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022