Tentu peluang ini harus bisa disinergikan dalam pengembangan ekonomi
Batam (ANTARA) - Konsulat Jendral (Konjen) RI di Istanbul, Turki, Imam Asy'ari mempromosikan peluang investasi di Kepulauan Riau ke pengusaha Turki.

Kepala Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kepri Hasfarizal Handra menyatakan, promosi peluang investasi di Kepri itu disampaikan Imam Asy’ari saat acara forum bisnis di Turki yang dihadiri Gubernur Kepri Ansar Ahmad dan 150 pengusaha Turki bagian Eropa.

“Menurut Imam Asy’ari, Kepri khususnya Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas (KPBPB) Batam, Bintan dan Karimun memiliki potensi kawasan yang dapat segera berkembang jika desain kawasan ini diintegrasikan, mengingat jalur strategis di Selat Malaka merupakan jalur pelayaran dan perdagangan internasional. Kawasan ini tentunya bisa seperti kawasan Galataport di Istanbul," kata Hasfarizal dari keterangan tertulisnya  di Batam, Senin.

Hasfarizal menyebutkan, menanggapi yang disampaikan Konjen RI di Instanbul, Turki itu, Ansar Ahmad mengatakan akan menangkap setiap peluang yang bisa meningkatkan perekonomian di Kepri.

“Tentu peluang ini harus bisa disinergikan dalam pengembangan ekonomi," katanya.

Kawasan Galataport yang ada di Turki merupakan kawasan ekonomi pariwisata dengan penyediaan pelabuhan bertaraf internasional. Kawasan ini menjadi sumber pendapatan negara, khususnya dari sektor pariwisata.

Hasfarizal menambahkan bahwa Konjen RI di Istanbul cukup serius untuk mempromosikan Kepri.

Hal ini dibuktikan bahwa untuk membuka peluang investasi ini pihak Konjen telah melibatkan sedikitnya 150 pengusaha yang ada di Turki.

“Mereka akan melihat gambaran potensi pengembangan kawasan investasi di Kepri, dan kita harus siap dalam mendukung seluruh kemudahan investasinya,” ucapnya.

Baca juga: Konsul AS jajaki potensi investasi di Kepri

Baca juga: KJRI Istanbul fasilitasi pengusaha tembus pasar kopi turki

 

Pewarta: Ilham Yude Pratama
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022