Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa bidang politik terjadi di Indonesia pada Senin (17/10), mulai dari Mendagri lantik Heru Budi Hartono jadi penjabat Gubernur DKI Jakarta, hingga Presiden lantik anggota Dewas dan Badan Pelaksana BPKH 2022-2027.

Berikut sajian berita bidang politik yang dirangkum LKBN ANTARA.


Mendagri lantik Heru Budi Hartono jadi penjabat Gubernur DKI Jakarta

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian melantik Kepala Sekretariat Presiden RI Heru Budi Hartono menjadi penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta meneruskan Anies Baswedan yang masa jabatannya berakhir per 16 Oktober 2022.

“Hari ini, Senin, tanggal 17 Oktober 2022, saya, Menteri Dalam Negeri atas nama Presiden Republik Indonesia, dengan resmi melantik saudara Heru Budi Hartono sebagai penjabat Gubernur DKI Jakarta,” kata Tito ketika melantik penjabat Gubernur DKI Jakarta, penjabat Bupati Kepulauan Yapen, dan penjabat Bupati Tolikara di Ruang Sasana Bhakti Praja, Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.


Heru Budi akan fokus atasi tiga masalah utama Jakarta

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut akan fokus menyelesaikan tiga masalah utama di ibu kota, yaitu mengatasi banjir, menata kota dan mengurai kemacetan.

"Beberapa waktu yang lalu saya sudah disampaikan arahan Bapak Presiden, ada tiga. Tiga itu kerjanya sudah waduh luar biasa, jadi harus kerja dan kerja turunan dari penanganan banjir, turunan dari tata ruang dan tentunya bagaimana mengurai kemacetan," kata Heru di kompleks istana kepresidenan Jakarta pada Senin.

Selengkapnya baca di sini.


Wapres bertolak ke Singapura bahas hubungan kerja sama

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin bertolak ke Singapura, Senin, untuk bertemu Wakil Perdana Menteri Singapura Lawrence Wong guna membahas hubungan kerja sama kedua negara.

Menggunakan Pesawat Kepresidenan Boeing 737-400 TNI AU, Wapres beserta istri Wury Ma’ruf Amin dan rombongan terbatas lepas landas dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menuju Bandara Internasional Changi, Singapura sekitar pukul 13.00 WIB.

Selengkapnya baca di sini.


NasDem tegaskan mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf hingga 2024

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh menegaskan kembali partainya tetap mendukung pemerintahan Joko Widodo dan K.H. Ma'ruf Amin hingga tuntas pada tahun 2024.

"Walaupun NasDem mendeklarasikan Anies Baswedan sebagai bakal capres, kami tetap mendukung pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin hingga selesai," kata Surya Paloh saat memberikan sambutan pada peluncuran program "NasDem Memanggil" di NasDem Tower, Jakarta, Senin malam.

Selengkapnya baca di sini.


Presiden lantik anggota Dewas dan Badan Pelaksana BPKH 2022-2027

Presiden Joko Widodo melantik anggota Dewan Pengawas (Dewas) dan Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) periode 2022-2027 di Istana Negara, Jakarta, Senin.

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata anggota Dewas dan Badan Pelaksana BPKH mengikuti Presiden Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2022