Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang terjadi di sebagian besar wilayah di Indonesia.

Data yang dikutip dari BMKG di Jakarta, Selasa, disebutkan bahwa di Provinsi Aceh, waspada terhadap potensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di wilayah Aceh Besar, Sabang, Aceh Jaya, Pidie Jaya, Aceh Utara, Aceh Tengah, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Tenggara, Aceh Singkil, Aceh Barat Daya, dan sekitarnya.

Potensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang dan petir juga terjadi di sebagian besar wilayah Banten, Gorontalo, Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Selatan.

Potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berdurasi singkat terjadi di sebagian besar wilayah Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Maluku.

Baca juga: BMKG prediksi hujan ringan hingga sedang guyur kota besar di Indonesia

Hujan dengan durasi singkat disertai petir dan angin kencang juga terjadi di wilayah DKI Jakarta, khususnya Jakarta Selatan dan Jakarta Timur pada siang dan sore hari.

Di Provinsi Kalimantan Barat, yakni di wilayah Kabupaten Sintang berpotensi terjadi hujan intensitas lebat disertai petir dan angin kencang.

Hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang pada siang hari juga terjadi di wilayah Bangka Belitung dan Kalimantan Selatan.

Waspadai potensi banjir di wilayah Provinsi Bengkulu dengan intensitas hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang sesaat pada siang hingga dini hari.

Sulawesi Tengah dan sebagian besar wilayah itu juga berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir, kilat dan angin kencang pada siang dan malam hari.

Hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada waktu antara siang, sore hingga menjelang malam hari terjadi di sebagian besar wilayah Jawa Barat, seperti Bogor, Depok, Bekasi, Sukabumi, Bandung dan Tasikmalaya.

Di Jawa Timur, hujan intensitas sedang hingga lebat disertai angin kencang terjadi pada pagi, siang, sore hingga malam hari di sebagian besar wilayah, seperti Surabaya, Kediri, Malang dan sekitarnya.

Hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang dan sore hari juga terjadi di sebagian besar Lampung dan Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat

Provinsi Riau dan Sulawesi Barat juga berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada siang, sore hingga malam hari.

Kalimantan Utara juga berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang pada siang hingga dini hari ini.

Baca juga: Hujan berintensitas sedang hingga lebat awali Oktober di kota besar

Baca juga: Hujan ringan hingga sedang berpeluang turun di sejumlah kota besar


Waspadai pula potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada siang, sore hari di sebagian besar wilayah Sumatera Selatan dan Sumatera Barat.

Sebagian besar wilayah Kalimantan Tengah akan diguyur hujan sedang hingga lebat, untuk itu warga diminta waspada dan berhati-hati terhadap dampak bencana yang ditimbulkan, seperti banjir, genangan air, tanah longsor, angin kencang, kilat dan petir, serta pohon tumbang.

Warga di Sumatera Utara juga diminta waspada terhadap longsor dan banjir, karena hujan lebat di lereng timur, pantai barat, lereng barat dan pegunungan.

Sementara di Papua dan Papua Barat, masyarakat juga diminta waspada karena berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai angin kencang di sebagian besar wilayah tersebut.

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2022