Lembaga-lembaga keuangan dunia sebenarnya meningkatkan pinjaman mereka ke industri yang mendorong umat manusia ke jurang
Gdansk, Polandia (ANTARA) - Lembaga-lembaga keuangan terbesar di dunia meningkatkan dukungan mereka terhadap perusahaan-perusahaan di sektor pertanian, kehutanan, dan penggunaan lahan yang paling bertanggung jawab atas deforestasi pada 2021, sebuah studi baru menunjukkan pada Selasa.

Dikeluarkan oleh Koalisi Hutan & Keuangan LSM, yang berupaya meningkatkan transparansi, kebijakan, sistem, dan peraturan di sektor keuangan, laporan tersebut menemukan bahwa pembiayaan untuk perusahaan-perusahaan tersebut naik lebih dari 60 persen menjadi 47 miliar dolar AS antara 2020 dan 2021.

Analisis ini dilakukan menjelang putaran pembicaraan iklim global berikutnya pada November di mana perlindungan hutan hujan dan keanekaragaman hayati penting iklim lainnya ditetapkan sebagai tema sentral.

Bank-bank telah menggelontorkan 267 miliar dolar AS ke perusahaan-perusahaan komoditas yang berisiko terhadap hutan sejak penandatanganan Perjanjian Paris tentang iklim pada 2015, kata studi tersebut, sementara investor memegang 40 miliar dolar AS dalam bentuk obligasi dan saham pada September tahun ini.

"Lembaga-lembaga keuangan dunia sebenarnya meningkatkan pinjaman mereka ke industri yang mendorong umat manusia ke jurang," Tom Picken, direktur Kampanye Hutan dan Keuangan Rainforest Action Network, mengatakan dalam sebuah pernyataan, mengutip kebijakan yang "sangat tidak memadai".

Penilaian kebijakan Hutan & Keuangan dari 200 lembaga keuangan yang terpapar perusahaan yang bekerja di wilayah berisiko deforestasi di Amerika Latin, Asia Tenggara dan Afrika Barat dan Tengah mencetak 59 persen di antaranya di bawah satu dari 10, tanda "kegagalan besar" untuk mengurangi risiko lingkungan, sosial dan tata kelola (ESG).

Di Indonesia, misalnya, produsen pulp dan kertas Asia Tenggara terus memperluas produksinya, membuat hutan negara itu yang tersisa di bawah tekanan; sementara di Brazil, industri daging sapi telah menyumbang 80 persen deforestasi Amazon sejak 1985, kata laporan itu.

Kebijakan perusahaan-perusahaan keuangan dalam memberikan kredit atau investasi untuk kedua sektor itu "sangat lemah", studi tersebut juga mencatat, dan tidak banyak berbuat untuk mencegah degradasi lingkungan, mendukung hak-hak masyarakat adat dan masyarakat lokal atau memastikan perusahaan tidak mengeksploitasi orang melalui pemaksaan. tenaga kerja.

"Penilaian terbaru ini menunjukkan betapa bank-bank besar dan investor institusi buta terhadap urgensi saat ini," kata Picken.

 

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2022