Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Bina Marga dan Suku Dinas Sumber Daya Air Kota Administrasi Jakarta Selatan memperbaiki jalan yang amblas di RA Kartini, Kelurahan Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak.

"Kejadiannya hari Sabtu sore, jalan amblas. Sehingga saat itu juga saya perintahkan petugas baik yang di Sudin dan Kecamatan Cilandak untuk mengamankan lokasi," kata Kepala Suku Dinas Bina Marga Jakarta Selatan Heru Suwondo dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa.

Baca juga: Perbaikan jalan amblas Balekambang Jakarta Timur telah selesai

Heru menjelaskan jalan yang amblas itu diketahui terjadi pada Sabtu (15/10) sore lalu.

Seluruh suku dinas terkait langsung menindaklanjuti kejadian tersebut yang letaknya hanya beberapa meter saja dari Kecamatan Cilandak.

Pihak Bina Marga Jaksel langsung memasang kerucut lalu lintas sebagai penanda agar pengendara roda dua dan empat menghindari jalan itu dan mencari jalur lainnya.

"Analisa di lapangan, ditemukan pipa air yang patah dan bocor. Itu tidak bisa langsung memperbaiki jalan karena menunggu pipa air diperbaiki terlebih dahulu," tutur Heru.

Baca juga: Polsek Cilandak imbau cari alternatif imbas amblas di Jalan RA Kartini

Sehari setelahnya, perbaikan pipa dilakukan petugas PAM JAYA yang akan mengganti pipa dengan kualitas yang lebih baik.

Bina Marga memastikan SDA sudah membuat saluran dan memperbaiki pipa sehingga bisa langsung melakukan pengaspalan jalan.

Luas area jalan yang terdampak sepanjang enam meter, lebar tiga  meter dan kedalaman empat meter hingga kini masih dalam tahap perbaikan.

"Jangan sampai sudah diperbaiki jalan sudah bagus pipanya keteken dan bocor lagi. Kalau mereka bisa selesaikan lebih cepat ya kita grebek lagi buat pengaspalan jalannya," tandasnya.

Baca juga: Truk bertonase berat terperosok jalan amblas di Duren Sawit

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Taufik Ridwan
Copyright © ANTARA 2022