Berprogres. Saya mendapat kabar, posisi terakhir pekan lalu, proses pembebasan tanah untuk tol telah sampai Garut.
Bandung (ANTARA) -
Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat Bambang Tirtoyuliono mengungkapkan pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Jalan Tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap (Getaci) yang sempat mandek, kembali berlanjut dan berprogres.

"Berprogres. Saya mendapat kabar, posisi terakhir pekan lalu, proses pembebasan tanah untuk tol telah sampai Garut," kata Bambang dalam keterangannya di Bandung, Jumat.

Bambang berharap seiring dengan progres tersebut, proses konstruksi Tol Getaci sudah bisa dilaksanakan, setidaknya pada 2024 ini, mulai dibangun dari Gedebage ke Garut.

"Mudah-mudahan target pemerintah di 2024, sampai dengan Garut konstruksi sudah bisa dikerjakan," ujarnya.

Baca juga: Menteri PUPR targetkan penetapan pemenang lelang Tol Getaci tahun ini

Bambang menyebutkan bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat terus mendorong pemerintah pusat agar segera merampungkan Tol Getaci yang disebut akan menjadi yang terpanjang di Indonesia ini.

Kata Bambang, Tol Getaci tidak hanya dibutuhkan pemerintah daerah dalam mengakselerasi pertumbuhan ekonomi, tetapi juga masyarakat dalam menunjang mobilitas mereka.

"Ini memang domain pemerintah pusat. Yang bisa kami lakukan, mendorong agar segera dilaksanakan. Tentunya pemerintah daerah sangat membutuhkan itu," tuturnya.

Tol Getaci sendiri diproyeksikan memiliki total panjang 206,65 kilometer yang melintasi dua provinsi yakni Jawa Barat dan Jawa Tengah, dengan porsi 171,4 kilometer di Jawa Barat dan 35,25 kilometer untuk Jawa Tengah.

Baca juga: Tol Pasuruan-Probolinggo jadi penunjang konektivitas di Jawa Timur

Tol ini juga akan menjadi jalan bebas hambatan terpanjang di Indonesia, sesuai Peraturan Presiden Nomor 109 tahun 2020 tentang Percepatan Pelaksanaan Proyek Strategis Nasional.

Jalan tol ini terbagi atas empat seksi, yakni:
- Seksi 1 Junction Gedebage-Garut Utara sepanjang 45,20 kilometer.
- Seksi 2 Garut Utara-Tasikmalaya sepanjang 50,32 kilometer.
- Seksi 3 Tasikmalaya-Patimuan sepanjang 76,78 kilometer.
- Seksi 4 Patimuan-Cilacap sepanjang 34,35 kilometer.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024