Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) akan berinvestasi dalam banyak hal untuk mengembangkan sepak bola di Indonesia.

Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa, mengatakan investasi itu diwujudkan dengan kontribusi FIFA untuk membantu penerapan standar keselamatan dalam penyelenggaraan sepak bola di Indonesia, pembinaan suporter, pembangunan stadion, hingga mengembangkan sekolah sepak bola.

“Tadi Presiden FIFA Gianni Infantino menyampaikan bahwa FIFA ingin investasi banyak di Indonesia, dalam hal yang tadi berkaitan dengan stadion, keselamatan, suporter, sekolah sepakbola yang ada di Indonesia,” kata Jokowi usai menerima Presiden dan delegasi FIFA.

Baca juga: Presiden Jokowi sambut Presiden FIFA di Istana Merdeka
Baca juga: Jokowi akan temui Presiden FIFA pada 18 Oktober 2022


Menurut Jokowi, Presiden FIFA ingin memberikan perhatian khusus kepada Indonesia.

“Ini yang patut kita syukuri,” ujar Jokowi.

Kerja sama investasi antara Indonesia dan FIFA, kata dia, akan dibicarakan lebih detail dalam pertemuan selanjutnya. Pertemuan lanjutan antara Jokowi dan Presiden FIFA kemungkinan dilakukan di Piala Dunia 2022 di Qatar atau di Bali, Indonesia.

“Investasi apa nanti secara detail akan kita bicarakan lagi, mungkin di Qatar, mungkin di Bali, atau di Qatar karena saya diundang secara khusus,” kata Jokowi.

Secara garis besar, kata Jokowi, pemerintah Indonesia dan FIFA dalam pertemuan di Istana Merdeka menyepakati untuk melakukan transformasi sepak bola di Indonesia setelah tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur yang menewaskan 133 orang.

Untuk mendukung transformasi itu, FIFA akan berkantor di Indonesia.

“Ini akan secepatnya kita siapkan (Kantor FIFA di Indonesia),” kata Jokowi.

Jokowi dan Infantino juga membicarakan berbagai aspek sepak bola seperti manajemen stadion, manajemen keamanan pertandingan sepak bola, manajemen pertandingan hingga manajemen suporter.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan itu yakni Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dan Menteri BUMN Erick Thohir.

Baca juga: Temuan TGIPF akan disampaikan kepada Presiden FIFA
Baca juga: Korban meninggal dunia tragedi Kanjuruhan bertambah jadi 133 orang

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022