Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Pembangunan Maunia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan pemerintah saat ini memberikan atensi kesiapsiagaan potensi bencana, terutama di wilayah Jawa bagian selatan.

Muhadjir di Jakarta, Rabu, mengatakan wilayah tersebut telah melalui pemetaan risiko bencana, merujuk pada laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang diperbarui setiap harinya.

Baca juga: Menko PMK: Perkuat koordinasi terkait penanganan bencana

"Mudah-mudahan penanganannya bisa lebih cepat, lebih tepat sehingga tidak terlalu banyak risiko yang terjadi dan risiko bisa ditekan seminim mungkin," ujar Muhadjir.

Dia juga mengatakan persiapan menghadapi potensi bencana di Indonesia telah dikoordinasikan melalui pihak kementerian dan kelembagaan terkait.

Baca juga: Menko PMK: Kolaborasi antar pihak wujudkan ketangguhan hadapi bencana

Dalam hal ini, Muhadjir mengharapkan adanya laporan setiap harinya dari seluruh kementerian dan lembaga terkait persiapan menghadapi potensi bencana.

"Terutama dari BNPB, Kementerian Sosial, dan Kementerian PUPR, karena tiga itu yang kita harapkan bisa menjadi ujung tombak dalam penanganan terutama pada tahap tanggap bencana," kata dia.

Baca juga: Menko PMK: Edukasi risiko bencana hidrometeorologi perlu ditingkatkan

Sebelumnya, Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengingatkan semua pihak untuk bersiap menghadapi terjangan bencana hidrometeorologi akibat tingginya curah hujan tahunan yang diprakirakan melebihi rata-rata atau melebihi batas normalnya di sebagian wilayah Indonesia, dan juga tetap perlu waspada dan siaga terhadap peningkatan potensi kekeringan dan karhutla di beberapa wilayah rawan.

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2022