Jakarta (ANTARA) - Pelatih kepala Los Angeles Lakers Darvin Ham menyoroti reaksi para pemainnya yang kurang sigap saat turnover atau kehilangan penguasaan bola ketika takluk 109-123 kepada tuan rumah Golden State Warriors dalam laga pembuka NBA musim ini di Chase Center, California, Selasa waktu setempat.

Statistik pertandingan mencatat kedua tim tak berbeda jauh dalam jumlah turnover, Lakers 21 kali, sedangkan Warriors 18 kali.

Bedanya, Warriors memanfaatkan turnover tersebut menjadi 27 poin, sementara Lakers hanya memperoleh 17 poin.

"Terlepas dari Anda sukses menembak atau gagal, ketika penguasaan bola berpindah, Anda harus segera melupakannya dan segera bersiap untuk situasi permainan yang berlanjut," kata Ham usai pertandingan, dalam laman NBA.

Ham yang memulai musim pertamanya sebagai pelatih kepala Lakers setelah Frank Vogel dipecat akhir musim lalu, meminta hal itu diperbaiki oleh pemain-pemainnya.

"(Sigap setelah kehilangan bola) seharusnya menjadi standard reaksi kami, bukan hanya melawan Golden State, tetapi menghadapi semua tim di liga ini," kata dia.

Lakers kalah meskipun megabintang LeBron James tampil gemilang dengan 31 poin, 14 rebound, dan delapan assist, diikuti 27 poin dari Anthony Davis.

Baca juga: Bangganya Joe Mazzulla menangi laga debut pelatih interim Celtics

Russell Westbrook juga menjawab kritik dengan membukukan double-double 19 poin dan 11 rebound setelah mengatasi masalah hamstring yang dialaminya.

Tetapi itu tidak cukup bagi Lakers untuk menghentikan keperkasaan Warrior yang merayakan malam penyerahan cincin juara dengan 33 poin, tujuh assist, dan enam rebound.

"Saya sungguh gembira dengan kemenangan ini. Malam penyerahan cincin juara tidak pernah mudah, terlebih laga pembuka musim biasanya diwarnai banyak kegugupan," kata pelatih kepala Warriors Steve Kerr.

Jordan Poole yang dua pekan lalu menjadi sasaran bogem mentah Draymond Green dalam sesi latihan, tampil cukup baik lewat 12 poin dan tujuh assist, satu di antaranya dia kirimkan untuk sosok yang melayangkan pukulan ke wajahnya 5 Oktober lalu.

"Kami keluar bermain untuk menuntaskan pekerjaan meraih kemenangan. Ini malam penyerahan cincin juara dan itu satu-satunya fokus kami dalam upaya memenangi gim pertama. Sungguh kemenangan penting melawan tim yang sangat bagus," kata Poole.

Poole juga melontarkan pujian bukan hanya untuk Curry yang menjaga level performa tertingginya, tetapi juga James, Davis, dan Westbrook yang melakukan hal serupa bersama Lakers.

"Sungguh menyenangkan bisa jadi bagian dari ini, dan tentunya itu performa yang seru untuk disaksikan. Mereka selalu bermain di level tertinggi terus menerus, dari hari ke hari, tahun ke tahun," pungkas dia.

Warriors selanjutnya akan menjamu Denver Nuggets pada Jumat (21/10) waktu setempat (Sabtu WIB), sehari sesudah Lakers menghadapi rival sekotanya, Los Angeles Clippers.

Baca juga: Ringkasan hari pembuka NBA 2022-23: Para bintang bersinar terang

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2022