Buones Aires (ANTARA) - BUENOS AIRES, 18 Oktober (Xinhua) -- Argentina pada Selasa (18/10) menyetujui serangkaian tender untuk pemasangan peralatan tenaga surya di 19 provinsi, sebagai upaya mendorong energi terbarukan yang didanai Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (International Bank for Reconstruction and Development/IBRD).

Sekretariat Energi Argentina, di bawah Kementerian Ekonomi Argentina, menyetujui sejumlah tender publik untuk memasok dan memasang peralatan tenaga surya di sekolah, rumah, dan bangunan lainnya dengan estimasi biaya 21,7 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.469).

Menurut kantor berita yang dikelola negara, Telam, inisiatif tersebut merupakan bagian dari Proyek Energi Terbarukan untuk Daerah Pedesaan (Pemer), yang telah mengamankan pendanaan senilai 200 juta dolar AS dari IBRD Bank Dunia.

Proyek tersebut akan memberikan manfaat pada daerah-daerah pedesaan di provinsi Buenos Aires, Catamarca, Chaco, Chubut, Cordoba, Corrientes, Entre Rios, Formosa, Jujuy, La Pampa, Misiones, Neuquen, Rio Negro, Salta, San Juan, Santa Cruz, Santiago del Estero, Tierra del Fuego, dan Tucuman.

Telam mengatakan tujuan dari proyek tersebut adalah menyediakan listrik yang bersumber dari energi terbarukan bagi masyarakat pedesaan yang tidak terlayani oleh jaringan listrik nasional.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2022