Spartanburg, Carolina Selatan (ANTARA) - BMW AG mengatakan pada Rabu (19/10/2022) akan menginvestasikan 1,7 miliar dolar AS untuk membangun kendaraan listrik (EV) di Amerika Serikat, pengumuman terbaru dari pembuat mobil besar tentang rencana untuk meningkatkan produksi EV AS.

Perusahaan Jerman itu mengatakan sedang membuat investasi baru 1 miliar dolar AS di pabrik Spartanburg, Carolina Selatan untuk mempersiapkan produksi EV dan akan menghabiskan 700 juta dolar AS untuk fasilitas perakitan baterai tegangan tinggi baru di Woodruff,​​​​​​ Carolina Selatan, dan membuat setidaknya 300 pekerjaan.

"Ini adalah investasi tunggal terbesar yang kami lakukan sejauh ini," kata Ketua BMW Group Oliver Zipse kepada Reuters dalam sebuah wawancara.

Gubernur Carolina Selatan Henry McMaster mengatakan pada sebuah upacara, investasi modal BMW adalah yang terbesar dalam sejarah negara bagian itu.

BMW juga mengatakan kelompok energi terbarukan China Envision's Automotive Energy Supply Corporation (AESC) akan membangun pabrik sel baterai baru di Carolina Selatan dengan kapasitas tahunan hingga 30 GWh untuk memasok mobil.

Pembuat mobil mewah itu berencana untuk membangun setidaknya enam model BMW sepenuhnya listrik di Amerika Serikat pada tahun 2030.

BMW tidak akan menetapkan tanggal untuk mengakhiri produksi kendaraan bertenaga bensin, katanya, meningkatkan kekhawatiran tentang persyaratan kredit pajak EV AS baru yang bertujuan untuk mencegah penggunaan komponen baterai dan mineral China.

Zipse mengatakan tidak ada wilayah yang dapat sepenuhnya mandiri terutama pada bahan baku baterai dan bahwa Amerika Serikat "harus memiliki peraturan yang tidak sepenuhnya tidak realistis."

Dia memperingatkan undang-undang kredit pajak EV baru 7.500 dolar AS yang diadopsi pada Agustus dapat mencegah pembuat mobil menggunakan kredit tersebut.

"Akan menjadi bencana jika Anda menghentikan perkembangan industri," kata Zipse.

BMW mengatakan format baterai barunya akan meningkatkan kepadatan energi lebih dari 20 persen, meningkatkan kecepatan pengisian dan meningkatkan jangkauan hingga 30 persen.

BMW Group telah mengumumkan bahwa empat pabrik sel baterai tambahan akan dibangun di Eropa dan China untuk memenuhi kebutuhannya. Zipse mengatakan lokasi pabrik sel keenam yang direncanakan akan ditentukan oleh permintaan pasar.

Pabrik sel yang dibangun oleh mitra perusahaan masing-masing akan memiliki kapasitas tahunan hingga 20 GWh.

Pabrik BMW di Carolina Selatan yang berusia 30 tahun telah membangun lebih dari 6 juta kendaraan, mempekerjakan lebih dari 11.000 orang, dan memiliki kapasitas produksi tahunan hingga 450.000 kendaraan.

Carolina Selatan memberikan hibah 65 juta dolar AS kepada Spartanburg County untuk membantu biaya yang terkait dengan proyek tersebut.

Penerjemah: Apep Suhendar
Editor: Adi Lazuardi
Copyright © ANTARA 2022