Jakarta (ANTARA) - Presiden RJoko Widodo (Jokowi) pada Kamis bertolak melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di mana dia akan meninjau pembangunan smelter timah hingga menyambangi Pelabuhan Sadai.

Ia beserta rombongan sudah lepas landas menumpangi pesawat kepresidenan Indonesia-1 dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekira pukul 7.15 WIB, demikian seturut keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden.

Baca juga: Menperin: Hilirisasi mineral langkah nyata dongkrak nilai tambah SDA

Setibanya di Bandara Depati Amir, Kabupaten Bangka Tengah, dia akan segera melanjutkan perjalanan dengan menumpangi helikopter Super Puma TNI AU menuju Kabupaten Bangka Barat, di mana ia akan meninjau pembangunan smelter timah berteknologi Top Submerged Lance (TSL) Ausmelt yang dibangun PT Timah Tbk.

Pembangunan smelter timah berteknologi TSL Ausmelt tersebut diketahui dimulai sejak 2019, tetapi sempat mengalami penundaan karena pandemi Covid-19.

Baca juga: Freeport siapkan tambahan investasi 18,6 miliar dolar AS hingga 2041

Sesudahnya, dia akan menuju ke Pasar Muntok untuk meninjau sekaligus menyerahkan langsung bantuan modal kerja (BMK) dan bantuan langsung tunai (BLT) bagi peserta Program Keluarga Harapan (PKH), sembari menyerahkan bantuan tunai kepada para pedagang.

Ia beserta rombongan kemudian akan menuju Kampung Nelayan Tanjung Laut guna meninjau stasiun pengelolaan sampah dan berdialog dengan para nelayan sebelum melanjutkan agenda peninjauan di Pelabuhan Tanjung Ular.

Baca juga: Anggota DPR dukung kebijakan hilirisasi nikel dan pembangunan smelter

Sesudah rangkaian kegiatan di Bangka Barat, Jokowi akan melanjutkan agenda di Kabupaten Bangka Selatan kembali menumpangi Super Puma TNI AU dari helipad Lapangan Upacara Kantor Bupati Barat menuju helipad Stadion Junjung Besaoh.

Tiba di Bangka Selatan, dia akan menyerahkan sejumlah bantuan sosial di Pasar Toboali sebelum menutup rangkaian kegiatan dengan meninjau Pelabuhan Sadai.

Sebagai informasi Pelabuhan Sadai rencananya akan difungsikan untuk pelayanan pelayaran kapal Roro atau kapal barang dan sempat juga ditinjau oleh Menteri Perhubungan, Budi K Sumadi, medio Juli lalu.

Selepas kegiatan di Pelabuhan Sadai, dia beserta rombongan akan kembali ke Jakarta.

Turut mendampingi dalam penerbangan menuju Babel antara lain Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Sekretaris Militer Presiden, Laksamana Muda TNI Hersan, Komandan Paspampres, Marsekal Muda TNI Wahyu H Sudjatmiko, serta Deputi Bidang Administrasi dan Pengelolaan Istana Sekretariat Presiden, Rika Kiswardani.

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2022