Kendari (ANTARA) - Komisioner KPU RI, August Mellaz menyebutkan tantangan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 karena pemilih rata-rata usia muda akan jadi lapisan dominan.

"Oleh karena itu, tentu kita ingin pastikan bahwa teman-teman generasi muda tetap meyakinkan dirinya untuk terlibat dalam pelaksanaan Pemilu terutama menggunakan hak pilih kalau misalnya bisa lebih dari itu. Bantu kami di penyelenggaraan Pemilu untuk menjadi tim kami di bawah," katanya saat membawakan kuliah umum di kampus Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis.

Dari kegiatan kuliah umum ini KPU RI mengharapkan mahasiswa dan mahasiswi untuk menggunakan hak pilihnya dan mampu berperan aktif dan mendukung kegiatan Pemilu 2024.

Kuliah umum yang diselenggarakan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) UHO Kendari dengan tema "Peluang dan Tantangan Partisipasi Mahasiswa pada Pemilu Serentak 2024" diikuti sekitar 200 peserta dari mahasiswa Fisip.

Menurut August Mellaz, para pemuda terutama mahasiswa/mahasiswi mempunyai peran yang penting dalam penyelenggaraan pemilu serentak tahun 2024.

"Sekitar 60 persen pemilih itu antara usia 17 tahun yang pemula sampai usia 40 menempati porsi sampai 60 persen maka ini jadi satu pekerjaan rumah tersendiri untuk KPU, bagaimana kemudian perkembangan dengan generasi yang sangat berbeda itu di respon oleh kita dalam bentuk kebijakan-kebijakan sosialisasi, nah mahasiswa menjadi satu lapisan generasi yang juga sangat penting. Mereka kan punya tradisi intelektual, teman-teman mahasiswa punya kemampuan untuk membantu penyebarluasan informasi dengan baik," katanya.
 
Komisioner KPU RI, August Mellaz (ketiga kanan) didampingi anggota KPU Sultra Iwan Rompo Banne (kemeja putih) usai Kuliah Umum di Kampus UHO Kendari, Kamis. (Foto ANTARA/Azis Senong)


Selain komisioner KPU RI, hadir pula komisioner KPU Sultra Iwan Rompo Banne, Dekan Fisip UHO Dr. La Tarifu, S.Pd,MSi serta beberapa dosen lainnya.

Sebelumnya, Dekan Fisip UHO Kendari, La Tarifu mengatakan, melalui kegiatan ini mahasiswa diharapkan mendapat info-info terbaru mengenai Pemilihan Umum 2024, dan peran-peran mereka serta tantangannya yang akan dihadapi di masa mendatang tentang Pemilu 2024.

Rangkaian kuliah umum juga diselenggarakan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara KPU RI dengan Universitas Halu Oleo diwakili Dekan Fisip UHO Kendari.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022