Jakarta (ANTARA) - Tokopedia ingin lebih mendekatkan penjual dan pembeli sehingga menghadirkan fasilitas kedua di Surabaya, demikian Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni.

Baca juga: Lumosh Fine Ceramic jelaskan manfaat "Dilayani Tokopedia"

Sebelumya, fasilitas Tokopedia sudah hadir di Rungkut, Surabaya, Jawa Timur.
​​​
"Karena memang kita fokus ke konsumen maka dari itu kita hadirkan Gudang Pintar terbaru kita di Surabaya, tepatnya di Osowilangun, Surabaya, Jawa Timur," ungkap Astri Wahyuni di Surabaya, Jawa Timur, Kamis.

Selain itu, dengan hadirnya fasilitas terbaru dan terbesar di Surabaya ini, diharap akan mampu memberikan kemudahan bagi konsumen Tokopedia atau UMKM yang ada di Jawa Timur untuk lebih berkembang dan dikenal lebih luas lagi.

Baca juga: Fenomena pegawai kota besar banting setir jadi petani di desa

"Tujuannya agar UMKM di seluruh penjuru Indonesia punya kesempatan yang sama untuk bertumbuh dan berkembang (tanpa harus pindah ke kota besar), dan pembeli bisa mendapatkan produk kebutuhan yang lebih beragam dengan lebih cepat dan efisien," kata Astri.

Dalam kesempatan yang sama, AVP of Fulfillment Business Development Tokopedia, Samuel Simanjuntak mengatakan bahwa sepanjang kuartal III 2022, secara keseluruhan, jumlah pembeli yang menggunakan Dilayani Tokopedia naik 1,5 kali lipat dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya, sedangkan jumlah transaksinya melonjak lebih dari dua kali lipat.

"Di sisi lain, jumlah penjual yang memanfaatkan Dilayani Tokopedia ini terus meningkat hingga lebih dari dua kali lipat," kata Samuel Simanjuntak di lokasi yang sama.

Dia juga menyebut bahwa pelaku usaha yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia di Jawa Timur, tepatnya di Surabaya, mengalami peningkatan transaksi di Jawa Timur lebih dari 1,5 kali lipat.

Sedangkan penjual di Surabaya yang memanfaatkan gudang pintar Dilayani Tokopedia mengalami peningkatan transaksi dari luar Jawa Timur sebesar dua kali lipat.

Baca juga: Initial Coffee Roaster hidupkan ribuan petani kopi lokal
Fasilitas Gudang Pintar kedua yang ada di Surabaya. (ANTARA/Chairul Rohman)

Fasilitas terbaru ini mampu menampung hingga tiga juta produk dan Gudang Pintar Dilayani Tokpedia ini tidak kurang melayani 200 ribu produk untuk dikirimkan keseluruh Indonesia.

Dalam hal ini, rute Kota Medan ke Kabupaten Merauke, dan Palembang Martadinata ke Kota Jayapura menjadi beberapa pengiriman barang terjauh yang menggunakan Dilayani Tokopedia.

Baca juga: Lima tips padu padan fesyen masuki musim hujan ala Leona Agustine

Untuk diketahui bersama, Dilayani Tokopedia merupakan gudang pintar penyedia layanan pemenuhan pesanan yang memungkinkan penjual termasuk UMKM–di seluruh Indonesia–menitipkan produk di wilayah-wilayah dengan permintaan tinggi, termasuk Surabaya.

Layanan ini juga memungkinkan masyarakat mendapatkan beragam produk kebutuhan dengan lebih cepat dan ongkir lebih murah bahkan Rp0.


Baca juga: Tokopedia sabet penghargaan IDC Future Enterprise Awards 2022

Baca juga: Kiat tampilkan riasan "natural" namun tetap profesional untuk WFO

Baca juga: Perusahaan teknologi GoTo disebut sudah di jalur menuju profit

Pewarta: Chairul Rohman
Editor: Ida Nurcahyani
Copyright © ANTARA 2022