Dibutuhkan upaya dan komitmen bersama dari seluruh pihak terkait agar terwujudnya perbaikan transportasi publik yang berkelanjutan untuk diwariskan ke generasi-generasi mendatang,
Jakarta (ANTARA) - Lembaga pembangunan internasional Pemerintah Jerman, Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (GIZ) yang diwakili GIZ IKI Cluster Coordinator, Gerd Fleischer menyampaikan pemerintah Jerman mendukung Indonesia menjadi negara yang memiliki transportasi umum berkelanjutan.

Fleischer dalam diskusi daring bertajuk “Sustainabillity Transportation Forum 2022” yang dipantau secara daring di Jakarta, Kamis, mengatakan pihaknya mendukung pembangunan berkelanjutan di Indonesia melalui program SUTRI NAMA DAN INDOBUS yang telah dilaksanakan GIZ sejak 2017.

GIZ bersama pemerintah Swiss yakni State Secretariat for Economic Affairs of Switzerland (SECO) dengan Kementerian Perhubungan serta pendonor lain sepakat mengurangi emisi dari sektor transportasi dengan memperkenalkan BRT di lima kota sekunder Indonesia.

“Emisi transportasi merupakan faktor utama tidak hanya di Indonesia tapi seluruh dunia, untuk Indonesia kami mengetahui 26 persen efek rumah kaca berasal dari transportasi,” jelas Fleischer.

Senada dengan Fleischer, Deputy Head of Economic Corporation & Development State Secretariat for Economic Affairs of Switzerland (SECO) Andrea Zbinden menyampaikan dukungannya menjadi negara yang lebih berkelanjutan melalui program Indonesia Bus Rapid Transit Corridor Development Project (INDOBUS) yang akan berjalan hingga 2024.
Baca juga: Geliat sektor transportasi menanti masa endemi

“Dan salah satu prioritas utama kami sebenarnya mendukung Indonesia dalam meningkatkan kelembagaan publik yang efektif, terutama di perkotaan, dan salah satu bagian penting dari itu tentu saja transportasi perkotaan yang berkelanjutan,” katanya.

Zbinden juga mengatakan pihaknya turut memberikan bantuan teknis kepada pemerintah daerah dan pusat agar dapat mengelola dengan baik dan benar serta menfasilitasi studi kelayakan dan pembiayaan konkret.

“Pemerintah Swiss dan Jerman terus mendukung pemerintah Indonesia dalam pengembangan sistem transportasi yang berkelanjutan. Dibutuhkan upaya dan komitmen bersama dari seluruh pihak terkait agar terwujudnya perbaikan transportasi publik yang berkelanjutan untuk diwariskan ke generasi-generasi mendatang,” ujar Zbinden.

Acara Sustainable Transportation Forum atau STF 2022 yang digelar hingga Jumat (21/10) ini bertujuan untuk menampung dan berbagi praktik terbaik dalam transportasi perkotaan yang berkelanjutan serta menyelaraskan manajemen dan kebijakan transportasi perkotaan yang terintegrasi oleh para aktor transportasi Indonesia maupun dunia.

Harapannya, kegiatan ini dapat menjadi kesempatan yang baik pemerintah dan daerah, mitra pembangunan, dan pemangku kepentingan lain untuk dapat berkolaborasi mewujudkan transportasi berkelanjutan di kawasan perkotaan Indonesia.

Baca juga: Anies: Jakarta punya visi pimpin transportasi berkelanjutan di dunia

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: M Razi Rahman
Copyright © ANTARA 2022