Mekanisme MoU tersebut diharapkan dapat berdampingan dengan MOU lain terkait pengembangan sumber daya manusia
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dan Duta Besar Singapura untuk Indonesia Kwok Fook Seng membahas rencana kerja sama di bidang pengembangan tech talent melalui penyusunan MoU TechX Proggramme.

"Mekanisme MoU tersebut diharapkan dapat berdampingan dengan MOU lain terkait pengembangan sumber daya manusia (SDM), sehingga mampu menjadi jembatan antara sektor hulu dan hilir pengembangan SDM kedua negara, khususnya di bidang teknologi," kata Airlangga dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Menko Airlangga menerima kedatangan Dubes Singapura di kantornya, Jakarta, Kamis. Dalam pertemuan itu, Menko Airlangga mengawali pembahasan dengan menyampaikan ucapan selamat atas penunjukan Kwok Fook Seng sebagai Duta Besar Singapura untuk Indonesia yang baru.

Lebih lanjut, Airlangga juga turut mengangkat topik mengenai inisiasi Amerika Serikat atas Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII) yang akan dilaksanakan di sela pertemuan G20 pertengahan November mendatang.

Inisiasi tersebut disambut baik Dubes Kwok karena dapat memberikan akses bagi negara-negara di kawasan dalam menjaga hubungan dengan negara-negara mitra di luar kawasan seperti Amerika Serikat terkait pembangunan infrastruktur, energi terbarukan, dan ketahanan logistik.

Selain itu, keduanya saling bertukar pandangan mengenai rencana Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN secara umum dan harapan positif atas permasalahan Myanmar yang seringkali diangkat dalam berbagai forum internal ASEAN.

Keduanya sepakat agar negara-negara anggota perlu turut aktif dalam memperkuat hubungan kawasan ASEAN secara kolektif.

Menko Airlangga juga menyampaikan apresiasi atas kunjungan kerja Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Gan Kim Yong ke Batam dan Bintan, Kepulauan Riau. Kunjungan tersebut diharapkan dapat mendukung kerja sama ekonomi dan konektivitas antarkedua negara.

Baca juga: Menko Airlangga bahas kelompok kerja dan data center di Singapura
Baca juga: Menko Airlangga bagi pengalaman tangani COVID-19 di Singapura
Baca juga: Menko Airlangga tindaklanjuti Leaders Retreat Indonesia-Singapura 2022

Pewarta: Sanya Dinda Susanti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2022