Palangka Raya (ANTARA) -
Wakil Gubernur Kalimantan Tengah Edy Pratowo mendorong agar Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Regional Kalimantan meningkatkan kerja sama antar daerah dalam pelaksanaan pembangunan.
 
"Diantaranya melakukan kerja sama antar daerah dalam penanganan isu-isu strategis seperti inflasi, peningkatan ekonomi dan pariwisata, serta peningkatan kualitas pelayanan kesehatan dan pendidikan untuk kesejahteraan masyarakat," katanya di Palangka Raya, Kamis.
 
Hal itu Edy sampaikan di sela rapat kerja komisariat wilayah V Apeksi Regional Kalimantan tahun 2022. Adapun upaya meningkatkan kerja sama tersebut, selaras dengan tema raker, yakni "Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Kunci Sukses Pembangunan dan Pelayanan Publik".
 
"Menjadi harapan kita bersama rakerwil ini menghasilkan rekomendasi strategis dan terobosan-terobosan yang tepat guna demi kebangkitan ekonomi akibat pandemi COVID-19 dan kondisi inflasi nasional yang sangat berdampak bagi pertumbuhan ekonomi rakyat," jelasnya.
 
Lebih lanjut Edy mengatakan, menanggapi isu global yang berkembang saat ini, percepatan pembangunan seperti Kota Cerdas atau Smart City melalui peningkatan kualitas sumber daya manusia yang melek teknologi, merupakan salah satu faktor keberhasilan pembangunan daerah.
 
Berkaitan dengan hal tersebut, rencana pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) sebagai 'superhub ekonomi' juga menjadi sebuah keniscayaan bahwa kualitas SDM yang unggul tentu sangat dibutuhkan.
 
"Untuk menciptakan kemandirian daerah, langkah ke depan yang harus dibangun bukan hanya menciptakan smart city, tetapi juga menjadikan kota di regional Kalimantan menjadi kota yang memiliki ketahanan pangan melalui gerakan tanam dan pemanfaatan lahan-lahan produktif," jelasnya.
 
Sementara itu Wali Kota Palangka Raya Fairid Naparin menambahkan, menghadapi perubahan lingkungan dan arus teknologi yang sangat cepat memerlukan respon dari pihak penyelenggara pemerintahan dalam mengantisipasinya.
 
"Melalui sinergi potensi antar daerah diharap dapat mengurangi kesenjangan daerah dalam peningkatan SDM aparatur, sehingga pembangunan dan pelayanan publik di Kalimantan dapat berkembang secara bersama-sama," tuturnya.
 
Adapun Apeksi Regional Kalimantan terdiri dari Palangka Raya, Banjarbaru, Banjarmasin, Pontianak, Singkawang, Samarinda, Bontang, Balikpapan, serta Tarakan.

Pewarta: Muhammad Arif Hidayat
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022