Jakarta (ANTARA) - Kejuaraan KX-1 Kickboxing Championship Seri ke-7 di Indonesia akan digelar pada Jumat malam 21 Oktober 2022 pukul 07.00 WIB.

Bertempat di New Kaliber Coffe, Kota Tua, Jakarta, event ini akan mempertandingkan 12 partai dengan menghadirkan 24 petarung berkualitas dari berbagai wilayah di Indonesia.

Event kali ini akan menambahkan dua kategori baru selain partai-partai pro sebagaimana seri-seri sebelumnya. Dua kategori itu adalah Semi Pro dan Elite Beginner, dengan tujuan untuk pembibitan petarung pemula dan menengah dalam merintis dunia kombat profesional di masa yang akan datang.

Seri-seri sebelumnya KX-1 lebih banyak menggelar partai debut, tetapi Seri 7 akan lebih banyak partai-partai perbaikan peringkat, sebagai
langkah awal menuju Sabuk Kepromotoran KX-1.

Selain memberikan hiburan bagi para pecinta olahraga kombat di Indonesia, event rutin ini memiliki misi untuk mewadahi para petarung profesional terbaik di Indonesia, sekaligus membantu mereka untuk berkompetisi di tingkat internasional.

Baca juga: Provinsi Kepri tuan rumah kejuaraan nasional kickboxing 2022

"KX-1 nantinya akan melahirkan juara-juara terbaik tingkat nasional. Sesuai dengan misi kita nantinya mereka-mereka yang terbaik bisa kita tampilkan dalam ajang kompetisi kombat profesional tertinggi internasional," kata Promotor KX-1, Abdul Rohman di sesi Konferensi Pers di New Kaliber Coffe, Jakarta pada Kamis (20/10).

KX-1 KickBoxing Championship sendiri berafiliasi dengan asosiasi KickBoxing dunia ISKA (International Sport KickBoxing Association) dan telah masuk dalam agenda event ISKA International.

"Agenda KX-1 ini sudah masuk agenda internasional dan sudah ada peta yang menuju internasional. Presiden (ISKA Asean) sudah mulai persiapan untuk perebutan sabuk dari kontinental sampai interkontinental," kata Presiden ISKA Indonesia Mustadi Anetta.

Mustadi Anetta juga mengaku sangat optimis dengan terselenggaranya turnamen KX1 yang berjalan rutin.
Promotor KX-1 KickBoxing Abdul Rohman (tengah) bersama dua petarung KX-1 KickBoxing Championship seri ke-7 di New Kaliber Kick Boxing Center, Kota Tua, Jakarta, Kamis (20/10/2022). ANTARA/Hendri Sukma Indrawan/aa.


Menurut mantan petarung Mixed Martial Arts tersebut, turnamen ini dapat menjadi penggerak kombat profesional Indonesia untuk bersaing di dunia internasional.

"Saya yakin olahraga kombat profesional Indonesia akan besar dan banyak melahirkan petarung-petarung profesional berkualitas yang dibentuk oleh ISKA melalui event ini," ujar Mustadi Anetta.

Mustadi juga menjelaskan adanya kategori Elite Beginner dalam seri KX-1 KickBoxing seri 7 ini.

"Kategori elite beginner ini jadi sebelum masuk ke jenjang profesional itu harus ke amatir. Dari profesional itu harus masuk elite maka para bibit baru kita sebut elite beginner," terangnya. Nantinya sebelum tampil di ajang internasional, KX-1 bakal mempertandingkan secara nasional.

Pertarungan utama (Main Event) besok malam adalah pertarungan perbaikan peringkat yang akan mempertemukan petarung potensial asal Tasikmalaya M Qalam Sauri versus petarung senior Rizal Zulmi yang akan bertarung di Kelas 63,5 kilogram.

Lalu petarung Freestyle Boxing Yocobus Naitkafun versus Prastio, dan pemegang Sabuk KX-1 Kapolda Metro Jaya M Rizki Nurohman asal Brebes versus Jems Bistolen. Serta nama-nama besar seperti Cecep Jamora, Fadelullah Rewa, Ucu udor kancil, dan Aprilando Rumahpasal akan mewarnai serunya kompetisi kombat profesional ini.

Event ini terbuka untuk umum dan akan disiarkan secara langsung di akun YouTube KX-1 Kickboxing Championship serta Video.com

Baca juga: Konsistensi Eko Roni Saputra diuji pada laga ONE 162 Malaysia

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022