Jakarta (ANTARA) - Aston Villa ambruk 0-3 di kandang Fulham, sementara Leicester naik dari dasar klasemen Liga Premier setelah menang 2-0 atas Leeds United dalam dua pertandingan Liga Inggris yang berlangsung Kamis malam waktu setempat.

Gerrard dan pemain-pemainnya dicemooh oleh fansnya sendiri yang marah akibat penampilan buruk sehingga menelan kekalahan keenamnya musim ini.

Setelah memenangkan hanya dua pertandingan musim ini, Villa berada di atas zona degradasi hanya karena unggul selisih gol tipis atas Wolverhampton Wanderers yang berada pada urutan ketiga terbawah.

Baca juga: Allegri tegaskan Juventus masih butuh Leonardo Bonucci

Gerrard sudah memenangkan hati pendukung Villa sejak tiba dari Rangers untuk menggantikan Dean Smith musim lalu.

Mantan gelandang Liverpool dan timnas Inggris itu memenangkan gelar juara liga Skotlandia bersama Rangers yang mengakhiri dominasi sekian lama Celtic.

Tapi dia tidak bisa melanjutkan kiprah cemerlangnya di Rangers sejak pindah ke Villa Park dan kini tengah berusaha keras menyelamatkan posisinya.

Fulham memulai laga ini dengan catatan tak pernah menang dalam tiga pertandingan sebelumnya, tetapi Villa tidak dapat memanfaatkan catatan buruk lawannya ini.

Baca juga: Thomas Frank nilai Brentford layak dapatkan kemenangan atas Chelsea

Harrison Reed membuka skor berkat tendangan keras dari tepi kotak penalti setelah Villa gagal mengamankan tendangan sudut pada menit ke-36.

Issa Diop memblok tendangan Ollie Watkins ketika Villa sempat mengancam Fulham.

Tapi gelandang Villa Douglas Luiz mendapat kartu merah pada babak kedua menyusul tinjauan VAR akibat perselisihan dengan striker Fulham Aleksandar Mitrovic.

Itu sudah sinyal bagi Villa bakal menelan kekalahan kedua berturut-turut setelah kalah 0-2 akhir pekan lalu dari Chelsea.

Handball Matty Cash menghasilkan penalti yang dikonversi Mitrovic untuk gol kedelapannya musim ini pada menit ke-68.

Kian menyengsarakan Gerrard, bek Villa Tyrone Mings memasukkan umpan silang pemain lawan Neeskens Kebano ke gawang sendiri menjadi gol ketiga Fulham pada menit ke-83.

Baca juga: Kepa sayangkan kegagalan Chelsea curi poin penuh dari Brentford

Sementara itu manajer Leicester Brendan Rodgers mulai menarik nafas lega setelah memenangkan pertarungan menghindari degradasi melawan Leeds United.

Setelah gagal memenangkan salah satu dari tujuh pertandingan pertamanya, Leicester berhasil memetik poin penuh dari dua dari empat pertandingan terakhirnya.

Leicester memimpin pada menit ke-16 ketika Kiernan Dewsbury-Hall membuat Dennis Praet bergerak di sayap kanan daerah pertahanan Leeds.

Umpan silang Dewsbury-Hall ditujukan kepada Barnes tetapi Robin Koch meluncur masuk untuk memotong bola yang justru masuk ke gawang sendiri.

Luis Sinisterra dan Crysencio Summerville nyaris menyamakan kedudukan untuk Leeds. Namun Harvey Barnes yang justru menciptakan gol kedua Leicester pada menit ke-35.

Jamie Vardy mengirimkan umpan tumit kepada Dewsbury-Hall di tepi area penalti dan dia mendapati Barnes yang tidak terkawal yang mengarahkan gol ketiganya musim ini.

Pendakian Leicester ke posisi 19 dalam klasemen membuat Nottingham Forest yang giliran terdampar di dasar klasemen, demikian AFP.

Baca juga: Manchester United tekuk Tottenham, Ten Hag sanjung efek Casemiro

Pewarta: Jafar M Sidik
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2022