Beijing (ANTARA) - Lebih dari delapan persen yang dinominasikan sebagai kandidat dinyatakan tersisih dalam pemilihan pendahuluan Komite Sentral Partai Komunis China (CPC) dan Komisi Pusat CPC untuk Pengawasan Disiplin (CCDI) untuk masa lima tahun ke depan.

Hasil pemilihan pendahuluan tersebut telah disahkah dalam Sidang Ketiga Presidium Kongres Nasional ke-20 CPC yang dipimpin oleh Xi Jinping di Beijing, Jumat.

Sesuai aturan yang dibakukan dari kongres lima tahunan tersebut, sebanyak delapan persen nominator kandidat tidak bisa melanjutkan ke pemilihan formal.

Pemilihan formal struktur kepengurusan baru Komite Sentral CPC dan CCDI dijadwalkan digelar mulai Sabtu pagi.


Baca juga: Enam anggota Politbiro CPC temui konstituen


Sidang presidium ketiga telah menyetujui rancangan nama-nama kandidat anggota tetap dan anggota pengganti Komite Sentral ke-20 CPC dan CCDI ke-20 atau periode 2022-2027.

Presidium memutuskan untuk mengajukan rancangan daftar nama kandidat tersebut kepada 2.296 delegasi yang menghadiri Kongres Nasional ke-20 CPC untuk dijadikan bahan pertimbangan.


Baca juga: Presidium Kongres CPC sepakati nama calon anggota Komite Sentral


Daftar nama kandidat tersebut merupakan hasil pemilihan pendahuluan oleh delegasi kongres.

Presidium menyatakan bahwa pemilihan pendahuluan dilakukan di bawah pengawasan ketat tim supervisi sesuai dengan aturan yang ditetapkan dari kongres ke kongres.


Baca juga: Masjid di Beijing tutup jelang penutupan Kongres CPC

Baca juga: China banggakan diri sebagai negara teraman di dunia

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Fardah Assegaf
Copyright © ANTARA 2022