Beijing (ANTARA) - Sekretaris Jenderal Partai Komunis China (CPC) Xi Jinping merombak lebih dari separuh anggota Komite Tetap Biro Politik yang akan mendampinginya dalam memimpin partai penguasa itu untuk periode lima tahun ketiga kepemimpinannya.

Xi memilih enam anggota badan tertinggi CPC sehari setelah dia terpilih secara aklamasi sebagai Sekjen CPC 2022-2027 di Balai Agung Rakyat, Beijing, Sabtu (22/10).

"Kemarin CPC telah berhasil merampungkan Kongres Nasional ke-20. Hari ini Komite Sentral ke-20 CPC telah melakukan rapat pleno pertama dan memilih kepemimpinan baru," kata Xi sebelum mengumumkan nama-nama anggota Komite Tetap Politbiro ke-20 CPC, Minggu siang.

"Saya kembali terpilih sebagai Sekjen CPC. Mari kita sambut enam rekan saya yang juga terpilih sebagai anggota Komite Tetap Politbiro," ucap Presiden China itu.

Ia kemudian memperkenalkan mereka satu-persatu, mulai dari Li Qiang (63), Zhao Leji (65), Wang Huning (67), Cai Qi (66), Ding Xuexiang (60), hingga Li Xi (66).

"Kamerad Zhao Leji dan Kamerad Wang Huning tercatat sebagai anggota Komite Tetap Politbiro Komite Sentral ke-19 CPC," sebut Xi.

Sementara empat anggota Politbiro ke-20 yang lain sebelumnya hanya menjadi anggota Komite Sentral ke-19 CPC.

"Mereka cukup familiar dengan Anda," kata Xi kepada media setelah memperkenalkan anggota Komite Tetap Politbiro yang tampil bersamanya di ingatas panggung.

Dalam struktur politik pemerintahan China, Sekjen CPC menduduki posisi sebagai Presiden China.

Peringkat kedua struktur elite partai, yang dalam hal ini ditempati oleh Li Qiang, bakal menduduki jabatan Perdana Menteri.

Peringkat selanjutnya, Zhao Leji sebagai Ketua Kongres Nasional China (NPC), Wang Huning sebagai Ketua Majelis Permusyaratan Politik Rakyat China (CPPCC), Chai Qi sebagai Wakil Presiden China, Ding Xuexiang sebagai Sekretaris Partai, dan Li Xi sebagai Komisi Pusat Disiplin.

"Atas nama kepemimpinan baru CPC, saya menyampaikan terima kasih kepada semua anggota partai yang telah memberikan kepercayaan kepada kami," kata Xi, politikus berusia 69 tahun yang berasal dari Provinsi Shaanxi itu.

Dalam Kongres Nasional ke-20 yang digelar pada 16-22 Oktober 2022, juga telah terpilih 205 anggota Komite Sentral CPC dan jajaran anggota Komisi Pusat CPC untuk Pengawasan Disiplin ke-20 atau periode 2022-2027.

Baca juga: Putin beri selamat kepada Xi yang jadi Presiden China tiga periode
Baca juga: Menlu China Wang Yi masih bertahan di Komite Sentral CPC
Baca juga: Li Keqiang, Wang Yang tak masuk Komite Sentral Xi Jinping periode III

Pewarta: M. Irfan Ilmie
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2022