Jakarta (ANTARA) - Konsul Jenderal RI di Hong Kong Ricky Suhendar mengatakan Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-37 Tahun 2022 menjadi sarana untuk meningkatkan kerja sama ekonomi Indonesia-Hong Kong.

"Trade Expo Indonesia Ke-37 Tahun 2022 merupakan salah satu sarana kalangan bisnis Hong Kong untuk kembali menjalin dan menegaskan kerja sama ekonomi Indonesia-Hong Kong yang dibangun selama ini yang sempat terimbas pandemi COVID-19," ujar Ricky Suhendar dalam sambutannya seperti dilansir laman Kementerian Luar Negeri (Kemlu) RI pada Sabtu.

Pernyataan tersebut disampaikan Konjen Ricky Suhendar dalam jamuan makan malam untuk menyambut delegasi Hong Kong di Jakarta (19/10).

Ia menambahkan bahwa Trade Expo Indonesia menjadi kesempatan emas kalangan bisnis Hong Kong untuk memperkuat hubungan bilateral Indonesia – Hong Kong, utamanya setelah Perjanjian Perdagangan Bebas Hong Kong-ASEAN.

"Termasuk kesepakatan investasi dan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) berlaku penuh tahun lalu," kata dia.

Baca juga: 40 pengusaha Hong Kong berpartisipasi di TEI 2022
Baca juga: TEI hari ketiga catat transaksi 376 juta dolar AS dari 17 negara


Para pengusaha Hong Kong menyambut baik dan mendukung pelaksanaan TEI secara fisik setelah dua tahun dilaksanakan secara virtual akibat pandemi.

Sebagian besar pengusaha yang hadir tahun ini adalah pengusaha yang rutin berpartisipasi pada TEI sebelum pandemi.

Pelaksanaan TEI memberikan kesempatan pengusaha Hong Kong untuk dapat mengenal pasar maupun produk unggulan Indonesia sedemikian rupa sehingga memiliki peluang besar untuk dapat menembus dan bersaing di pasar Hong Kong.

Selain itu, kesempatan bagi pengusaha Hong Kong menjajaki peluang bisnis dengan mencari produk-produk baru dan pemasok baru dari Indonesia untuk pasar Hong Kong terbuka lebar.

Jamuan makan malam diselenggarakan untuk memperluas jejaring para delegasi dengan para pemangku kepentingan terkait di Indonesia serta memberikan kesempatan bagi delegasi pengusaha Hong Kong untuk memperoleh informasi langsung terkait berbagai kebijakan dan perkembangan iklim bisnis Indonesia.

Trade Expo Indonesia merupakan pameran internasional Indonesia terbesar sektor perdagangan, pariwisata, dan investasi, dan berfungsi sebagai platform satu atap dalam menghubungkan pasar global dengan berbagai produk Indonesia berkualitas tinggi dan inovatif.





 

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Herry Soebanto
Copyright © ANTARA 2022