Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa penting terjadi di DKI Jakarta selama sepekan terakhir pada periode 15 Oktober 2022 sampai 21 Oktober 2022.

Dalam periode tersebut, diinformasikan berita yang informatif, menarik dan layak untuk diulas kembali antara lain mengenai infrastruktur air minum, masa jabatan Anies Baswedan yang berakhir, sampai waduk Pondok Ranggon untuk banjir Kali Sunter.

Berikut adalah rangkuman berita Jakarta selama sepekan terakhir:

1. PUPR alokasikan triliunan rupiah untuk infrastruktur air minum Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah mengalokasikan dana triliunan rupiah dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan sumber-sumber lain untuk membangun infrastruktur air minum di Jakarta.

Proyek tersebut, kata Sekretaris Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR Riono Suprapto, merupakan salah satu upaya untuk membantu memenuhi target Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2020-2024 yang mengamanatkan capaian 100 persen air minum layak dan 30 persen air minum aman secara nasional.
Selengkapnya di sini.

2. Anies: Kerja untuk bangsa dan negara masih panjang

Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengemukakan, meski masa jabatannya bersama Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria berakhir pada 16 Oktober 2022, namun kerja untuk bangsa dan negara masih panjang.

"Satu babak berakhir, mari sambut babak berikutnya," kata Anies pada acara perpisahan di Balai Kota Jakarta, Minggu.
Selengkapnya di sini.

3. ASN DKI sambut Penjabat Gubernur DKI yang disebut "pulang kampung"

Jakarta (ANTARA) - Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) menyambut Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono yang disebut "pulang kampung" (kembali ke lingkungan birokrasi Provinsi DKI Jakarta) di Balai Kota setelah dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Senin.

Sejumlah ASN tersebut terlihat antusias menyambut Heru di Pendopo Balai Kota Jakarta, Senin.
Selengkapnya di sini.

4. Dinkes DKI buka vaksinasi COVID-19 secara selektif sesuaikan stok

Jakarta (ANTARA) - Dinas Kesehatan DKI Jakarta membuka layanan vaksinasi COVID-19 secara selektif di tingkat kecamatan menyesuaikan ketersediaan stok yang terbatas saat ini.

"Kami berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan RI untuk pasokan vaksin," kata Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Ngabila Salama di Jakarta, Selasa.
Selengkapnya di sini.

5. Kubah Masjid Raya JIC ambruk saat kebakaran

Jakarta (ANTARA) - Kubah Masjid Raya Jakarta Islamic Center (JIC) di Jalan Kramat Raya, Tugu Utara, Koja, Jakarta Utara, ambruk saat terjadi kebakaran sehingga hal itu menimbulkan kepanikan bagi warga di daerah itu, Rabu.

"Kami menerima informasi kebakaran pukul 15.23 WIB. Petugas langsung kami kerahkan ke lokasi. Sumber api berasal dari kubah masjid,” kata Kepala Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Rahmat Kristanto saat dikonfirmasi di Jakarta Utara.
Selengkapnya di sini.

6. Pemprov DKI punya laboratorium rujukan uji toksik gagal ginjal akut

Jakarta (ANTARA) - Pemprov DKI Jakarta mempunyai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) yang bisa menjadi rujukan daerah lain untuk uji toksik gagal ginjal akut.

"Kami memastikan Labkesda DKI ini komplet, jadi bisa sebagai tempat rujukan," kata Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono ketika meninjau Labkesda DKI di Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis.
Selengkapnya di sini.

7. Waduk Pondok Ranggon diharapkan bisa pangkas debit air Kali Sunter

Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berharap Waduk Pondok Ranggon dapat memangkas debit air dari Kali Sunter sesuai dengan fungsinya sebagai ruang limpah sungai (RLS) sehingga dapat membantu upaya pengendalian banjir di Ibu Kota.

“Dengan adanya waduk ini diharapkan bisa membantu Kali Sunter, bisa pangkas debitnya 20 persen. Jadi, kami minta ada pelebaran hilirnya, kita atur sedemikian rupa,” kata Sekretaris Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI, Dudi Gardesi dalam gelar wicara "Mengenal Ruang Limpah Sungai Jakarta" di Jakarta, Jumat.
Selengkapnya di sini.
 

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022