Sangihe, Sulut (ANTARA) - Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara Wandu Labesi mengingatkan masyarakat di daerah itu agar mewaspadai bencana alam yang terjadi di musim hujan.

"Kami meminta semua warga masyarakat agar terus waspada terhadap kondisi alam akibat musim hujan yang melanda Kabupaten Sangihe," kata Wandu Labesi di Tahuna, Sabtu.

Menurut dia, saat ini Kabupaten Kepulauan Sangihe diguyur hujan dengan intensitas tinggi sehingga perlu kewaspadaan dari semua masyarakat.

"Pemerintah kampung dan kelurahan juga diminta terus mengawasi kondisi alam di sekitar, agar segera mengambil langkah antisipasi apabila diperlukan," kata dia.

Baca juga: Hujan kembali guyur Sangihe, BPBD minta warga waspada

Baca juga: BPBD Sangihe ingatkan warga waspadai bencana alam di awal tahun 2021


Kabupaten Sangihe kata dia merupakan salah satu daerah di Sulawesi Utara yang rawan bencana alam banjir dan longsor sebab sudah sering terjadi ketika hujan dengan intensitas tinggi.

Masyarakat yang bermukim di daerah aliran sungai dan wilayah rawan longsor agar meningkatkan kewaspadaan.

"Kita semua berharap agar tidak terjadi bencana akibat kondisi alam ini, namun masyarakat tetap harus waspada agar terhindar dari bencana," kata dia.

Dia juga mengingatkan pengguna jalan khususnya kendaraan luar kota Tahuna agar mewaspadai pohon yang tumbang serta jalan longsor.

"Pengguna jalan khususnya kendaraan luar kota agar selalu waspada terhadap longsor dan pohon yang tumbang di musim hujan seperti ini, sebab jalur jalan di Sangihe rawan longsor," kata dia.*

Baca juga: Wamen PUPR janji percepat perbaikan fasilitas pasca bencana di Sangihe

Baca juga: PLN Koordinasi BNPB bantu pemulihan usai bencana Sangihe

Pewarta: Jerusalem Mendalora
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2022