Sebaran titik panas yang terdeteksi hari ini di Kabupaten Berau dan Kutai Kartanegara masing-masing ada satu titik panas, kemudian Kabupaten Kutai Timur terdeteksi ada lima titik panas.
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya tujuh titik panas yang tersebar di Provinsi Kalimantan Timur, sehingga pihak terkait diharap segera menindaklanjuti dengan melakukan penanganan.

"Tujuh titik panas tersebut terpantau hari ini mulai pukul 01.00 dini hari hingga pukul 17.00 wita," ujar Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan BMKG Kota Balikpapan Erika Mardiyanti di Balikpapan, Sabtu.

Sebaran titik panas tersebut pun telah disampaikan ke instansi terkait, terutama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) baik di tingkat Provinsi Kaltim maupun kabupaten masing-masing agar mendapat penanganan lebih lanjut.

Pekan lalu pihaknya juga mendeteksi sebanyak 22 titik panas yang tersebar pada lima kabupaten/kota dan langsung diinformasikan ke pihak terkait, sehingga titik panas itu kemudian padam setelah dilakukan penanganan.

Sedangkan tujuh titik panas yang terpantau hari ini, katanya, berada di titik koordinat berbeda, meskipun ada yang masih dalam kecamatan maupun kabupaten yang sama.

Sebaran titik panas yang terdeteksi hari ini berada pada tiga kabupaten, yakni di Kabupaten Berau dan Kutai Kartanegara masing-masing ada satu titik panas, kemudian Kabupaten Kutai Timur terdeteksi ada lima titik panas.

Rinciannya adalah di Kabupaten Berau yang yang terdeteksi satu titik panas, berada di Kecamatan Sambaliung yang memiliki tingkat kepercayaan menengah, pada koordinat 117.4505 bujur dan 2.09 lintang.

Di Kabupaten Kutai Kartanegara yang juga terdeteksi satu titik panas, berada di Kecamatan Samboja dengan tingkat kepercayaan menengah, pada koordinat 116.9404 bujur dan -0.6968 lintang.

"Sedangkan di Kabupaten Kutai Timur yang terdeteksi lima titik panas, tersebar pada dua kecamatan, yakni empat titik berada di Kecamatan Bengalon dan satu titik di Kecamatan Kaubun. Semua titik panas tersebut memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata Erika.
Baca juga: BMKG deteksi 22 titik panas di Kaltim
Baca juga: 38 titik panas terdeteksi di Kaltim
Baca juga: BMKG deteksi 10 titik panas di Kaltim

 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2022