Jakarta (ANTARA) - Liverpool tersungkur di markas Nottingham Forest dan menelan kekalahan 0-1 dari tuan rumah dalam laga pekan ke-13 Liga Premier Inggris di Stadion City Ground, Sabtu.

Kendati mendominasi penguasaan bola hingga 75 persen, Liverpool gagal mengonversinya menjadi satu gol pun, malahan gawang mereka dibobol oleh penyerang Forest Taiwo Awoniyi.

Hasil itu membuat Liverpool membuang kesempatan memasuki lima besar klasemen dan tertahan di posisi ketujuh dengan koleksi 16 poin, terpaut empat poin dari Chelsea di empat besar dan 11 poin jauhnya dari Arsenal di puncak.

Sedangkan Forest meninggalkan dasar klasemen dan kini menempati urutan ke-19 dengan raihan sembilan poin dari 12 pertandingan, demikian catatan situs resmi Liga Inggris.

Sejak sepak mula Forest menerapkan pertahanan yang rapat dan nyaris tanpa celah bagi Liverpool untuk melancarkan serangan dalam 10 menit pertama, kecuali umpan jauh Harvey Elliott yang berusaha dimanfaatkan Fabio Carvalho tapi bola masih mengenai halauan kaki kiper Dean Henderson.

Penguasaan bola Liverpool berlalu tanpa peluang berarti lagi hingga James Milner melepaskan tendangan bebas di area tiang jauh di mana Virgil van Dijk berdiri bebas, tapi ia memilih mengirim bola kepada Roberto Firmino dengan sundulan yang terlalu berat.

Baca juga: Gol tunggal Darwin Nunez bawa Liverpool tekuk West Ham

Skor nirgol bertahan hingga turun minum dan babak kedua masih diwarnai dominasi Liverpool, tapi Forest tetap mampu meredam sebagian besar gelombang serangan yang datang.

Mengandalkan serangan balik, Forest kemudian memperoleh tendangan bebas ketika Joe Gomez terpaksa melanggar Awoniyi setelah kehilangan bola di dekat garis tengah lapangan.

Situasi tendangan bebas itu berhasil dimanfaatkan secara optimal menjadi gol oleh Awoniyi untuk membawa Forest memimpin pada menit ke-55. Berawal dari tendangan bebas Neco Williams, Steve Cook mengembalikannya menjadi umpan tarik ke tengah kotak penalti di mana Awoniyi segera menyambutnya dengan sepakan mendatar.

Percobaan pertama Awoniyi membentur tiang gawang, tapi beruntung bola muntah kembali ke arahnya dan mantan pemain binaan Liverpool itu dengan meyakinkan melesakkannya ke dalam gawang di hadapan kiper Alisson Becker yang sudah terlanjur menjatuhkan diri.

Liverpool coba merespons gol itu dengan meningkatkan serangan lewat pergantian pemain yang dilakukan Juergen Klopp dengan memasukkan Jordn Henderson dan Trent Alexander-Arnold, tapi kreasi serangan tim tamu tak banyak berubah.

Henderson patut dianggap sebagai pahlawan kemenangan Forest sebab ia melakukan setidaknya tiga penyelamatan lagi untuk memastikan skor 1-0 bagi tuan rumah bertahan hingga bubaran.

Di pertandingan selanjutnya, Forest akan menyambangi markas Arsenal pada Minggu (30/10) pekan depan, sehari setelah Liverpool menjamu Leeds United di Anfield.

Sebelum itu, Liverpool bakal lebih dulu berusaha mengunci kelolosan ke babak 16 besar Liga Champions saat melawat ke kandang Ajax untuk lanjutan penyisihan Grup A pada Rabu (26/10).

Baca juga: Ten Hag berharap Cristiano Ronaldo tetap bertahan di Manchester United
Baca juga: Klopp sampaikan dukungan ke Steven Gerrard usai dipecat Aston Villa

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2022