kami mengimbau kepada seluruh masyarakat baik itu pribadi maupun institusi, secara bersama-sama melihat ada potensi tanah yang masih memungkinkan untuk ditanami
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Selatan melakukan penanaman ratusan pohon di kawasan Kompi Zeni Penjinak Bahan Peledak (Kizi Jihandak) di Lenteng Agung, Jakarta Selatan dalam rangka mewujudkan program penghijauan di Ibu Kota.

"Dalam kesempatan ini kami mengimbau kepada seluruh masyarakat baik itu pribadi maupun institusi, secara bersama-sama melihat potensi tanah yang masih memungkinkan untuk ditanami, kita laksanakan penanaman," kata Wali Kota Jakarta Selatan Munjirin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Minggu.

Baca juga: Pemkot: "Jumat Berfaedah" sejalan dengan instruksi Pj Gubernur

Munjirin menuturkan penanaman ratusan pohon di Kizi Jihandak, Lenteng Agung, Jagakarsa  merupakan titik awal serta masih akan berlanjut ke lokasi-lokasi lain di Jakarta Selatan.

Menurutnya  pohon punya banyak fungsi yakni selain untuk penghijauan juga menghasilkan oksigen yang dibutuhkan makhluk hidup sehari-hari.

"Menurut perhitungan, satu pohon bisa menghidupi sepuluh nyawa. Ini suatu yang perlu kita lestarikan bersama," ucapnya.

Dalam kesempatan sama, Lurah Lenteng Agung Ahmad Hasan Husaini mengatakan pohon yang ditanam merupakan hasil kolaborasi dengan Besar Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) dan juga Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP) Jakarta Selatan.

Baca juga: PJ Gubernur DKI Jakarta minta seluruh wali kota untuk menanam pohon

"Pohon merupakan bantuan dari BPDAS dan juga KPKP. Ada lima jenis pohon yang ditanam di tempat ini yaitu  alpukat, kelapa kopyor, rambutan, mangga, dan lengkeng," tutur Ahmad.

Diharapkan setelah pohon ini berbuah nantinya manfaat bisa dirasakan langsung oleh warga sekitar dengan mengonsumsinya.

Selain Munjirin, kegiatan penanaman pohon ini juga dihadiri  Plt Wakil Walikota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho, Camat Jagakarsa Santoso, Danramil Jagakarsa Mayor Arh Slamet, Dankizi Jihandak Pusziad Kapten. Czi Donny Murti Permana, dan Kapolsek Jagakarsa Kompol Wahid Key.

Baca juga: Jakarta Timur gencarkan pemangkasan untuk antisipasi pohon tumbang

Berdasarkan data dari Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, sebanyak 19.262 pohon dipangkas di sepuluh kecamatan Jakarta Selatan per September 2022.

Pemangkasan pohon tersebut terdiri atas tiga kategori, yakni ringan (perapian) sebanyak 3.963 pohon, sedang (banyak cabang yang dipotong) 11.872 pohon, dan berat (memotong ketinggian dan cabang yang dikhawatirkan tumbang) 3.427 pohon.

Tujuan pemangkasan ini sebagai antisipasi pohon tumbang saat curah hujan tinggi sehingga tidak mengganggu pengguna jalan.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022