Jakarta (ANTARA) - Beragam peristiwa hukum terjadi di Indonesia, Minggu (23/10), mulai dari Polri membentuk tim gabungan untuk mengusut impor bahan obat sirup hingga petugas imigrasi di Bali giatkan patroli bantu menjaga Pulau Dewata menjelang KTT G20.

Berikut ini lima berita hukum menarik pilihan ANTARA.

Polri bentuk tim gabungan usut impor bahan obat sirop

Kepolisian Negara Republik Indonesia membentuk tim gabungan untuk mengusut dugaan tindak pidana impor bahan obat sirup dalam kasus gagal ginjal akut yang dialami ratusan anak di Tanah Air.

Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Pol. Dedi Prasetyo saat dikonfirmasi di Jakarta, Minggu, menjelaskan Polri menindaklanjuti permintaan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy kepada Polri untuk mengusut dugaan tindak pidana impor bahan obat sirop dalam kasus gagal ginjal akut yang mengakibatkan sejumlah anak meninggal dunia.

Selengkapnya baca di sini.

BNPT : Hari Santri momentum hargai perjuangan ulama dan santri

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol. Boy Rafli Amar mengatakan Hari Santri yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober menjadi momentum untuk menghargai perjuangan ulama dan para santri.

"Santri, ulama, dan pesantren selama ini telah memberikan sumbangsih yang cukup besar tidak hanya mengisi kemerdekaan, tetapi juga dalam perebutan kemerdekaan bangsa ini," kata Boy Rafli dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

TNI AL gagalkan penyelundupan puluhan satwa dilindungi asal Papua

Pangkalan TNI Angkatan Laut Banjarmasin, Kalimantan Selatan, menggagalkan penyelundupan puluhan satwa dilindungi asal Papua yang akan dikirim ke Probolinggo, Jawa Timur, menggunakan kapal MV Vision Global.

"Kami lakukan penangkapan saat kapal lego jangkar dan akan melakukan bongkar muat di perairan muara Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, pada Sabtu (22/10)," kata Komandan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko di Banjarmasin, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Polisi sebut penusuk bocah 12 tahun di Cimahi tertangkap

Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menyatakan bahwa pihak kepolisian menangkap penusuk bocah 12 tahun di Kota Cimahi, Jawa Barat, yang menyebabkan korban tewas.

"Benar (sudah tertangkap)," kata Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol. Ibrahim Tompo di Bandung, Jawa Barat, Minggu.

Selengkapnya baca di sini.

Petugas Imigrasi giatkan patroli bantu jaga Bali kondusif jelang KTT

Petugas imigrasi di Bali mulai menggelar patroli secara berkala di sejumlah daerah yang menjadi pusat keramaian wisatawan asing demi membantu menjaga Pulau Dewata tetap aman dan kondusif menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Bali Anggiat Napitupulu menyampaikan patroli itu dilaksanakan oleh petugas dari Kantor Imigrasi Ngurah Rai, Kantor Imigrasi Denpasar, Kantor Imigrasi Singaraja, dan Rumah Detensi Imigrasi Denpasar.

Selengkapnya baca di sini.
 

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2022