Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah informasi penting dan menarik bidang ekonomi pada Minggu (23/10) kemarin yang masih layak disimak pada pagi ini, mulai dari realisasi pembangunan Bendungan Sepaku Semoi di IKN hingga hasil transaksi sementara dari Trade Expo Indonesia (TEI) sebesar 2,94 miliar dolar AS

Pembangunan Bendungan Sepaku Semoi pendukung IKN capai 71,33 persen

Pembangunan infrastruktur pendukung Ibu Kota Nusantara (IKN), yakni Bendungan Sepaku Semoi di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, sudah mencapai 71,33 persen, sehingga diyakini bakal dapat tuntas sesuai target pada Januari 2023.

"Sampai dengan hari ini, capaian fisik pembangunan bendungan ini sudah 71,33 persen. Kami dapat tuntas sesuai yang kami targetkan," ujar Pelaksana Teknis Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Bendungan Sepaku Semoi Irene Lucas di Sepaku, Kaltim, Minggu.

Baca selengkapnya

 

Menteri PUPR: Hunian pekerja konstruksi IKN bisa jadi kantor bersama

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan hunian pekerja konstruksi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dapat dijadikan kantor bersama.

Dia meminta seluruh pekerja mulai dari staf hingga manajer kontraktor, termasuk konsultan tinggal jadi satu di hunian pekerja ini agar mudah untuk berkoordinasi.

"Selain untuk hunian, bisa juga untuk kantor bersama di situ. Tidak usah di tempat lain agar terkoordinir dengan rapi," kata Basuki dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya

 

Sandiaga minta Perbarindo-lembaga keuangan kolaborasi lewat kemitraan

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno minta Perhimpunan Bank Perkreditan Rakyat Indonesia (Perbarindo) dan semua pemangku kepentingan lembaga keuangan dan perbankan untuk berkolaborasi dalam meningkatkan layanan digital banking, pemasaran daring, program CSR ke desa wisata dengan konsep win-win solution melalui kemitraan dan channelling.

"Kita juga ingin menggabungkan kapasitas fintech [teknologi keuangan] yang juga masuk ke dalam eksosistem ekonomi digital di sisi ekonomi kreatif dengan cakupan lebih luas dan waktu lebih cepat, tetap dengan prinsip kehati-hatian," katanya dalam keterangan yang dikutip di Jakarta, Minggu.

Baca selengkapnya


Wamenkeu sebut akan lanjutkan reformasi struktural di pertemuan APEC

Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara menyebut Indonesia akan menemukan sumber pertumbuhan ekonomi baru dan melanjutkan reformasi struktural setelah COVID-19 dalam Pertemuan Para Menteri Keuangan Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) keke-29 di Bangkok, Thailand.

“Bagi Indonesia, penting untuk menemukan sumber pertumbuhan baru dan melanjutkan reformasi struktural, termasuk pembangunan infrastruktur," katanya sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Minggu. Indonesia pun menerapkan tiga exit strategy yaitu mengembalikan defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dapat kembali ke level sebelum pandemi, mendapatkan likuiditas untuk bank sentral, dan mengembalikan kebijakan prudential supervisory setelah pengetatan karena COVID-19 .

Baca selengkapnya

 

TEI ke-37 catat hasil transaksi sementara 2,94 miliar dolar AS

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan menyampaikan, Trade Expo Indonesia (TEI) ke-37 mencatatkan hasil transaksi sementara 2,94 miliar dolar AS hingga penutupan pameran secara luar jaringan (luring) pada Sabtu (23/10).

"Ini buat kita angka yang besar, tapi tentu kami mengharapkan jauh lebih besar. Nilai transaksi ini masih akan bertambah sampai 19 Desember 2022 nanti, karena penyelenggaraan TEI secara dalam jaringan masih akan berlangsung," kata Mendag saat menutup TEI ke-37 di Tangerang, Banten, Minggu.

Baca selengkapnya

 

 

 

 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2022