Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora pada Minggu yang mendapat perhatian pembaca dan masih menarik untuk disimak pagi ini, mulai dari obat gangguan ginjal dibawa ke Indonesia hingga Menkes pastikan banyak masyarakat Indonesia kekurangan vitamin D.

Adapula berita tentang Indonesia dan Inggris kerja sama dukung pencapaian FoLU Net Sink 2030 dan Badan POM pastikan 133 obat sirop tak gunakan empat pelarut.

Berikut ringkasan sejumlah berita humaniora pada Minggu:

1. Menkes: Obat gangguan ginjal akut dibawa ke Indonesia hari ini

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengatakan 26 vial obat Fomepizole untuk pengobatan gangguan ginjal akut progresif atipikal (atypical progressive acute kidney injury) telah dibawa ke Tanah Air pada hari ini.

"Hari ini, di-hand carry, dibawa lewat pesawat, ada orang yang ambil," ujar Menkes Budi Gunadi Sadikin ketika ditemui media usai senam bersama dalam rangka Hari Osteoporosis Nasional di Jakarta, Ahad.

2. RI dan Inggris kerja sama dukung pencapaian FoLU Net Sink 2030

Pemerintah Indonesia dan Inggris menandatangani kerja sama di bidang lingkungan dan iklim, salah satunya untuk mendukung pencapaian penyerapan bersih emisi di sektor kehutanan dan penggunaan lahan atau FoLU Net Sink 2030.

"Melalui MoU ini, kedua belah pihak bertujuan untuk membangun persahabatan yang lebih kuat, untuk mewujudkan aksi iklim yang nyata dan efektif di lapangan," kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

3. Anggota DPR fasilitasi pecandu narkoba direhabilitasi di Asahan

Anggota Komisi III DPR RI Hinca Panjaitan memfasilitasi secara sukarela warga masyarakat pecandu narkotika, psikotropika, obat-obatan terlarang dan zat adiktif (narkoba) untuk dapat direhabilitasi di Yayasan Klinik Amanah Nusantara Bersinar, Kecamatan Buntu Pane, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara.

"Masyarakat jangan sungkan-sungkan untuk melaporkan apabila ada peredaran gelap narkotika serta bagi keluarga yang terindikasi pecandu narkoba," ucap Hinca, dalam keterangan tertulis, di Medan.

4. Badan POM pastikan 133 obat sirop tak gunakan empat pelarut

Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny K. Lukito mengatakan bahwa sebanyak 133 obat sirop yang terdaftar di BPOM telah dipastikan tidak menggunakan pelarut propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan/atau gliserin/gliserol.

"Dari 133 sirop obat yang terdaftar di Badan POM tidak menggunakan empat pelarut tersebut yaitu propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan/atau gliserin/gliserol sehingga aman sepanjang digunakan sesuai aturan pakai," katanya dalam konferensi pers di Jakarta, Ahad (23/10) 2022.

5. Menkes soroti masih banyak orang Indonesia kekurangan vitamin D

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyoroti masih banyak orang di Indonesia mengalami kekurangan vitamin D, dan mengingatkan masyarakat untuk rajin berolahraga serta terpapar sinar matahari untuk menghindari kondisi tersebut.

Ditemui usai acara senam bersama dalam rangka Hari Osteoporosis Nasional di Jakarta, Minggu, Menkes Budi mengatakan banyak orang lanjut usia di Tanah Air mengalami kondisi defisiensi vitamin D. Padahal, vitamin D dibutuhkan agar tulang tidak keropos pada saat mulai menua.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2022