pembangkit surya ini mampu menghemat pemakaian listrik sebanyak 20 persen
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Sudin Nakertrans-E) Jakarta Pusat memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di enam sekolah negeri.

"Saat ini sudah ada enam sekolah mulai dari SD, SMP, SMA yang kita pasang PLTS," kata Kepala Seksi (Kasi) Energi Sudin Nakertrans-E Jakarta Pusat Bambang Prayitno saat ditemui di SMPN 72 Gambir, Jakarta Pusat, Senin.

Bambang mengatakan pemasangan PLTS ini sebagai bentuk penghematan listrik dalam rangka mewujudkan energi baru dan terbarukan apalagi pembangkit surya ini mampu menghemat pemakaian listrik sebanyak 20 persen.

"PLTS ini sangat efektif menghemat listrik hingga 20 persen," ungkapnya.

Ia melanjutkan panel PLTS di setiap sekolah berbeda-beda besaran kapasitas watt. Salah satu contoh di SMPN 72 terdapat 48 panel PLTS yang terpasang dengan kapasitas 15.000 watt.

"Besaran listrik yang dihasilkan PLTS langsung bisa dipergunakan untuk menghidupkan komputer, lampu, dan AC," ucapnya.

Bambang mengungkapkan tidak semua sekolah bisa dibangun PLTS ini oleh karenanya sebelum pembangunan ada perencanaan serta melihat spesifikasi teknis bangunan.

"Standar untuk pembangunan optimal untuk pembangunan PLTS itu pada panel yang menghadap utara ke selatan karena kita berada di khatulistiwa, pergeseran mataharinya itu," katanya.

Bambang menjelaskan setelah pembangunan PLTS di sekolah ke depan pihaknya akan membangun di rumah ibadah, kantor kelurahan, dan kantor kecamatan.

Namun penentuan pembangunan itu tergantung dari Dinas Nakertrans-E DKI Jakarta.

"Kalau memang jadi tahun depan akan terbangun tapi yang menentukan Dinas Nakertrans-E DKI Jakarta," ungkapnya.

Ditempat yang sama, Wakil Kepala Sekolah Sarana dan Prasarana SMP 72, Tio Donda mengatakan merasa senang dengan pemasangan PLTS karena bisa mengurangi beban pembayaran listrik.

"Semoga PLTS ini berguna dan efektif terlebih dalam pembayaran beban listrik," ujar Tio Donda.
Baca juga: PLN jamin pasokan listrik untuk JIS dan sirkuit Ancol
Baca juga: Sasar milenial Jakarta, Satset Gerilya bahas PLTS terapung
Baca juga: PLTS sangat tepat untuk kawasan perumahan

Pewarta: Ulfa Jainita
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2022