"Kalau untuk lokasi pastinya, kami belum mengetahui karena belum ada informasi resmi dari protokoler kepresidenan, namun yang pasti, untuk informasi sementara, kunjungan Presiden RI ke Kaltim besok memang iya," ujar Kepala Biro Administrasi Pimpinan
Samarinda (ANTARA) - Presiden RI Joko Widodo, Selasa, (25/10) dijadwalkan mengunjungi sejumlah lokasi di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) baik di Balikpapan maupun Samarinda, termasuk di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sedang tahap pembangunan.

"Kalau untuk lokasi pastinya, kami belum mengetahui karena belum ada informasi resmi dari protokoler kepresidenan, namun yang pasti, untuk informasi sementara, kunjungan Presiden RI ke Kaltim besok memang iya," ujar Kepala Biro Administrasi Pimpinan (Adpim) Setprov Kaltim Syarifah Alawiyah di Samarinda, Senin.

Sebelumnya diberitakan bahwa presiden dan selain melakukan kunjungan ke IKN juga akan mengunjungi dua lokasi di Samarinda, yakni Kantor Pos Samarinda dan Pasar Segiri Samarinda.

Beberapa jam kemudian ada informasi bahwa kunjungan ke Samarinda diubah ke Balikpapan, yakni rencana kunjungan ke Kantor Pos Samarinda beralih ke Kantor Pos Balikpapan, sedangkan rencana ke Pasar Segiri beralih ke Pasar Klandasan Balikpapan.

Ketika informasi dikonfirmasi ke Syarifah Alawiyah, ia mengatakan untuk kunjungan ke IKN dan Kaltim memang benar, sedangkan untuk kunjungan ke kantor pos dan pasar baik di Samarinda maupun di Balikpapan, ia belum bisa memastikan karena jadwal masih dapat berubah.

Untuk kunjungan Presiden Joko Widodo ke kawasan IKN yang dijadwalkan besok, rencananya mengunjungi sejumlah pembangunan fisik di kawasan inti IKN dan kawasan pendukungnya, sekaligus memberikan arahan.

Masih di dalam kawasan IKN, presiden juga dijadwalkan mengunjungi Pusat Persemaian Modern IKN di Kelurahan Mentawir, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Di persemaian ini merupakan cikal bakal pembangunan IKN dengan konsep Kota Hijau atau Green City. Di lokasi ini banyak bibit tumbuhan endemik Kalimantan yang akan ditanam untuk menghijaukan kawasan IKN.

Sementara di Kota Samarinda, persiapan pengamanan untuk menyambut kedatangan Presiden RI sudah dilakukan sejak beberapa hari lalu, antara lain pada Sabtu (22/10), Korem 091/ASN menggelar Rapat Koordinasi (Rakor).

Rakor pada dua hari lalu dipimpin oleh Komandan Korem 091/ASN Brigjen TNI Dendi Suryadi, di ruang Yudha Makorem 091/ASN, diikuti Kasrem 091/ASN Kolonel Inf Khabid Mahfud, para Kasi Kasrem, Pasi Korem 091/ASN, para Dandim jajaran Korem 091/ASN, dan para Dansubsatgas Pengamanan VVIP yang telah ditunjuk di sektor masing masing.

Kemudian pada Minggu (23/10) dilakukan Rakor Pengamanan lanjutan, untuk menyempurnakan rapat pendahuluan, sehingga pengamanan dapat lebih fokus, sementara Senin ini dilanjutkan dengan Gelar Pasukan Pengamanan Presiden dan rombongan.

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2022