Tujuan kita bekerja adalah berpihak kepada rakyat. Untuk kebaikan seluruh rakyat Indonesia, agar mereka lebih makmur, lebih sejahtera. Sehingga visi Indonesia Maju 2045 dapat tercapai
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan meluncurkan nilai inti Aparatur Sipil Negara (ASN) BerAKHLAK di lingkungan Kementerian Perdagangan dengan menyampaikan bahwa ASN Kemendag harus bekerja untuk kepentingan rakyat.

"Tujuan kita bekerja adalah berpihak kepada rakyat. Untuk kebaikan seluruh rakyat Indonesia, agar mereka lebih makmur, lebih sejahtera. Sehingga visi Indonesia Maju 2045 dapat tercapai," kata Mendag di Jakarta, Selasa.

Sekretaris Jenderal Kemendag Suhanto melaporkan, Kemendag telah melakukan pengukuran indeks kesehatan budaya Akhlak atau Akhlak culture health index.

Tujuannya, lanjut Suhanto, adalah untuk memberikan gambaran bagaimana kondisi budaya kerja di Kemendag sehingga hasil ukuran tersebur bisa dijadikan pedoman nilai inti BerAKHLAK selanjutnya.

"Dari hasil pengukuran tersebut, tata corporate culture health index Kemendag berada pada kategori cukup sehat. Kemendag memiliki high positif energy yang dapat mendukung pencapaian kinerja organisasi yang efektif dan efisien," ujar Suhanto.

Selain itu, lanjut Suhanto, Kemendag juga telah memiliki DNA organisasi, yaitu organisasi yang memperhatikan profesionalisme, di mana hal itu tergambar dari budaya kerja sehari-hari.

Suhanto berharap setelah peluncuran yang dihadiri Mendag tersebut, Kemendag akan secara masif melakukan optimalisasi program budaya yang terencana dan kompetitif, serta berkesinambngan berdasarkan peta jalan kultur yang dimiliki Kemendag.

Diketahui, Core Values ASN BerAKHLAK diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada tanggal 27 Juli 2021 bersamaan dengan peluncuran employer branding "Bangga Melayani Bangsa".

BerAKHLAK adalah Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif.

Baca juga: Kemendag gelar forum bisnis "Memahami Pasar Australia" di TEI
Baca juga: Kemendag anugerahkan penghargaan UKM Pangan Award 2022
Baca juga: Buka Jakarta Fashion Week, Mendag sebut pasar global tujuan utama

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2022