Jakarta (ANTARA) - Proses revitalisasi Waduk Munjul untuk mengatasi banjir di Jalan Wijaya Kusuma RW 04, Kelurahan Munjul, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, dalam tahap pengerukan.

Wali Kota Jakarta Timur Muhammad Anwar mengatakan, revitalisasi Waduk Munjul untuk mengantisipasi banjir itu sudah sesuai dengan rencana.

"Saya kira sudah sesuai dengan rencana, sedang dalam proses pembuatan turap dan turapnya dibuat sengaja lubang nantinya dibuat penghijauan," kata Muhammad Anwar di Jakarta, Selasa.

Anwar menambahkan, saat ini Waduk Munjul tengah dilakukan pengerukan hingga kedalaman lima meter agar dapat menampung debit air di saat hujan deras.

Nantinya, air hujan diharapkan tertahan terlebih dahulu di waduk sehingga tidak menambah debit air yang mengalir ke hilir, yaitu Kali Sunter dan Kali Cipinang.

Anwar mengatakan bahwa usai direvitalisasi Waduk Munjul juga dapat dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata di Jakarta Timur.
"Kita membangun turap terlebih dahulu untuk supaya antisipasi longsor," ujar Anwar.

Tak hanya itu, Waduk Munjul juga diharapkan dapat membantu warga saat musim kemarau agar tidak kekeringan.

Selain itu Waduk Munjul bisa dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata baru di wilayah Jakarta Timur. "Juga dapat membantu warga di musim kemarau tidak terjadi kekeringan karena adanya waduk ini,” tutur Anwar.
Baca juga: DKI targetkan keruk 163 ribu meter kubik lumpur Waduk Munjul
 

Pewarta: Yogi Rachman
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2022